Volume Udara Pernapasan Dan Jenis Perubahan Volume Paru - Paru Pada Berbagai Keadaan Pernapasan

Volume Udara Pernapasan Dan Jenis Perubahan Volume Paru - Paru Pada Berbagai Keadaan Pernapasan - Volume Udara Pernapasan, Tujuan dari bernapas adalah memberikan udara segar (udara kaya oksigen) pada alveolus secara terus menerus. 

Ketika istirahat hanya sedikit yang keluar dan masuk paru - paru, tetapi berolah raga udara yang keluar masuk paru - paru bertambah besar sesuai dengan kebutuhan oksigen dalam tubuh. Untuk mengukur volume udara yang keluar masuk paru - paru digunakan suatu alat yang disebut spirometer. Seperti yang tampak pada gambar.
1). Volume tidal atau pernapasan biasa, merupakan volume udara yang masuk atau keluar dari hidung sewaktu bernapas dalam keadaan istirahat. Volume tidal biasanya sekitar 500 ml.

2). Volume cadangan ekspirasi (volume udara suplementer), merupakan volume udara ekspirasi yang masih dapat dikeluarkan setelah ekspirasi normal. Volume cadangan ekspirasi biasanya sekitar 1.250 ml.

3). Volume udara cadangan inspirasi (volume udara komplementer) merupakan volume udara inspirasi yang masih dapat dihirup setelah inspirasi normal. Volume udara cadangan inspirasi biasanya sekitar 3000 ml.

Volume Udara Pernapasan Dan Jenis Perubahan Volume Paru - Paru Pada Berbagai Keadaan Pernapasan

4). Kapasitas vital merupakan jumlah volume suplementer ditambah volume tidal dan volume komplementer atau sama dengan volume udara maksimal yang dapat dikeluarkan dalam sekali ekspirasi setelah inspirasi maksimal. Kapasitas vital biasanya 4750 ml.

Volume Udara Pernapasan Dan Jenis Perubahan Volume Paru - Paru Pada Berbagai Keadaan Pernapasan

5). Volume residu merupakan volume udara sisa setelah kita mengeluarkan napas maksimal yang selalu tinggal di dalam paru- paru dan tidak dapat dikeluarkan dari paru - paru. Volume udara residu ini biasanya sekitar 1200 ml.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel