Mekanisme Pernapasan Dada Dan Perut Serta Fasenya

Mekanisme Pernapasan Dada Dan Perut Serta Fasenya - Pernapasan adalah suatu proses yang terjadi secara otomatis walaupun dalam keadaan tertidur sekalipun karena sistem pernapasan dipengaruhi oleh susunan saraf otonom. 

Menurut tempat terjadinya pertukaran gas maka pernapasan dapat dibedakan menjadi  2 jenis, yaitu pernapasan luar dan pernapasan dalam. Pernapasan luar (respirasi eksternal) adalah pertukaran udara yang terjadi antara dua darah dalam kapiler dengan sel tubuh.

Masuk dan keluarnya udara dalam paru - paru dipengaruhi oleh perbedaan tekanan udara dalam rongga dada dengan tekanan udara di luar tubuh. Sebaliknya, apabila tekanan udara dalam rongga dada lebih besar maka udara akan keluar.

Berdasarkan bagian yang yang terlibat dalam proses pengeluaran udara (ekspirasi) maka mekanisme pernapasan dibedakan atas dua macam, yaitu pernapasan perut dan pernapasan dada. Pernapasan dada dan pernapasan perut ini terjadi secara bersamaan.
Pernapasan Dada

Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk, Adapun mekanisme pernapasan dada dapat dibedakan  sebagai berikut.

Fase inspirasi, fase ini dimulai dengan adanya kontraksi otot antar tulang rusuk yang menyebabkan terangkatnya tulang rusuk sehingga volume rongga dada membesar.

Membesarnya volume rongga dada ini juga diikuti oleh membesarnya volume paru - paru. Membesarnya volume rongga dada da paru - paru mengakibatkan tekanan udara dalam rongga dada dan paru - paru menjadi lebih rendah daripada tekanan udara diluar sehingga udara yang kaya oksigen masuk ke dalam paru- paru.

Fase ekspirasi, fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antartulang rusuk ke posisi semula yang diikuti oleh turunya rusuk sehingga volume rongga dada mengecil yang juga diikuti mengecilnya volume paru - paru. Akibatnya, tekanan udara didalam rongga dada dan paru - paru menjadi lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga udara yang kaya karbondioksida dari paru- paru keluar.
Mekanisme Pernapasan Dada Dan Perut Serta Fasenya

Pernapasan Perut

Pernapasan perut merupakan pernapasan yang melibatkan aktivitas otot diafragma yang membatasi rongga perut dan rongga dada. Mekanisme pernapasan perut dapat dibedakan menjadi dua tahap, yaitu fase inspirasi dan ekspirasi.

Fase Inspirasi dimulai dengan adanya kontraksi otot diafragma sehingga diafragma mendatar. Akibatnya, volume rongga dada membesar dan diikuti oleh membesarnya volume paru - paru.

Hal ini menyebabkan tekanan udara dalam rongga dada dan paru - paru menjadi lebih rendah daripada udara luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk ke dalam paru - paru.

Fase ekspirasi merupakan fase relaksasi otot diafragma sehingga diafragma kembali ke posisi semula. Hal ini mengakibatkan volume rongga dada dan paru - paru menjadi lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga udara kaya karbondioksida keluar dari paru - paru.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel