Proses Penghantaran Impuls Melalui Sinapsis (Sistem Saraf Manusia)

Proses Penghantaran Impuls Melalui Sinapsis (Sistem Saraf Manusia) - Proses Penghantar Impuls, Impuls adalah aliran rangsang berupa aliran listrik yang merambat melalui serabut saraf. Bagaimanakah imuls dapat merambat dari satu neuron ke neuron yang lain?
Pda ujung akson terdapat sinapsis yang memungkinkan impuls saraf dapat merambat dari satu neuron ke neuron yang lain hingga sampai ke tempat tujuan dan terjadilah respons. Sinapsis yang terbentuk antara neuron dengan sel otot disebut "neuromuscular juction", sedangkan antar neuron dengan sel kelenjar disebut "neuroglandular juction".

Proses penghantaran impuls saraf disepanjang sel saraf hingga ke sel tujuan melibatkan gradien konsentrasi ion. Dalam keadaan istirahat, neuron tiddak menghantarkan impuls, serabut saraf dalam keadaan polarisasi, artinya permukaan luar membran bermuatan positif, sedangkan permukaan dalam membran bermuatan negatif.

Hal ini karena adanya perbedaan konsentrasi Na⁺ dan K⁺ di sebelah luar dan sebelah dalam membran sel saraf. Apabila serabut saraf mendapat stimulus, maka bagian saraf yang menerima rangsang tersebut akan mengalami depolarisasi karena membran sel saraf menjadi lebih permeabel terhadap ion Na⁺ sehingga ion Na⁺ masuk kedalam sel dengan jumlah banyak.

Proses Penghantaran Impuls Melalui Sinapsis (Sistem Saraf Manusia)
Akibatnya, sebelah luar membran sel menjadi bermuatan negatif, sedangkan sebelah dalam membran sel menjadi bermuatan positif dan timbulah aliran listrik lokal.

Adanya aliran lokal ini menyebabkan depolarisasi daerah disebelahnya dan akan terus merambat atau menjalar di sepanjang akson, hal inilah yang disebut impuls saraf.

Bagian saraf yang telah mengalami depolarisasi akan berada dalam keadaan "refrakter" (Suatu keadaan yang tidak peka terhadap rangsang). Keadaan ini berlangsung dalam waktu yang sangat singkat, hanya 1-5 milidetik dan selama selang waktu tersebut, membran akson akan pulih kembali (mengalami repolarisasi), Proses penghantaran impuls pada neuron tertera pada gambar.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel