Energi Di Dalam Sel

Energi Di Dalam Sel  - Energi di dalam sel ada beberapa bentuk. yaitu kinetik, panas, potensial dan energi kimia. Dalam sel juga ada pembangkit energi. Ada dua organ yang bertugas sebagai pembangkit energi, yaitu kloroplas dan mitokondria.

Kloroplas hanya ada pada sel tumbuhan, sedangkan mitokondria terdapat pada sel tumbuhan maupun sel hewan. Berkat adanya kloroplas maka tumbuhan hijau dapat mengubah energi yang terkandung dalam cahaya matahari menjadi energi potensial.
Kloroplas terdapat dalam sel daging daun (mesofil) dan mengandung pigmen klorofil. Klorofil ada dua macam yang bekerja sama dari ATP, yaitu ATP --> ADP + P.

Menerima energi (endergonik) berarti menyerap energi dalam ikatan kimia baru yang energi potensialnya lebih besar dari ikatan kimia semula.

Dalam hal ini, ADP bereaksi kembali dengan P membentuk ATP. Reaksi 1 ( ke kanan) di sebut eksergonik merupakan reaksi yang menghasilkan energi. Reaksi 2 (ke kiri) di sebut endergonik merupakan reaksi yang menerima (menggunakan) energi.

Contoh reaksi 1 adalah reaksi pernapasan sel, sedangkan contoh reaksi 2 adalah fotosintesis pada tumbuhan.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel