Langkah Kegiatan Reseptor Rasa

 Reseptor Rasa

Alat Dan Bahan : 

Empat buah pinggan kecil larutan cuka 33%, larutan cuka NaCI 10%, laruatn aspirin atau larutan kina encer, larutan gula tebu 5%, cotton bud (tusuk gigi atau lidi yang ujungnya di beri kapas), peta rasa, kertas isap atau kertas saring. 

Langkah Kegiatan : 

1. Buatlah kelompok yang beranggota 4 - 5orang.

2. Lakukan pengujian daerah pengecapan berbagai rasa pada lidah setiap orang dalam anggota kelompok dengan cara sebagai berikut. 

a. Lakukanlah kegiatan ini dengan cara berpasangan. 

b. Mintalah pasangan praktikum anda berkumur, kemudian anda berkumur, kemudian keringkan lidahnya dengan kertas isap. 

c. Celupkan cotton bud ke dalam larutan asam. Buanglah keleihan larutan dengan menekankan cotton bud yang telah dicelupkan pada larutan asam tadi pada sisi pinggan. 

d. Minta teman anda untuk menjulurkan lidahnya. 

e. Sentuhkan cotton bud pada ujung lidah, tepi lidah bagian depan, tepi lidah bagian belakang, bagian tengah lidah dan pada lidah bagian belakang. 

f. Tuliskan (+) pada daerah peta rasa yang sesuai dengan jika anda merasakan larutan tersebut. 

g. Tuliskan (-) pada daerah peta rasa yang sesuai jika daerah tertentu yang disentuh tidak sensitif terhadap larutan yang di uji. 

h. Ulangi prosedur di atas dengan menggunakan ketiga larutan yang lain satu demi satu. Berkumurlah setiap akan melakukan pengujian rasa dengan larutan yang berbeda. 

Pertanyaan : 

1. Jelaskan mekanisme jalanya impuls pada percobaan di atas, sehingga anda dapat merasakan rasa manis, pahit, asam dan pahit. 

2. Deerah kegiatan tersebut, sebutkan daerah - daerah pengecapan rasa pada lidah manusia! Mengapa? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel