Langkah Kegiatan Volume Udara Pernapasan

Langkah Kegiatan Volume Udara Pernapasan


Alat Dan Bahan : 

Alat pengukur volume udara dapat dibuat dari galon air mineral bekas ukuran 5 liter, ember besar atau bak plastik besar, air ledeng (air sumur), pipa atau selang plastik. 


Langkah Kegiatan : 

1. Buat kelompok 4 - 5 orang.
2. Rangkailah alat pengukur volume udara pernapasan sederhana dari galon air mineral bekas, ember besar, dan selang plastik. Beri skala pada galon bekas tersebut. 

3. Isi ember dengan air ledeng atau air sumur sampai hampir penuh, galon bekas yang telah diberi skala dalam keadaan terbalik sehingga air masuk ke dalam galon. Selanjutnya, masukan selang plastik pada mulut galon tersebut. 

4. Tiuplah selang yang telah dihubungkan dengan mulut galon hingga galon naik. Catat dan ukur ketinggian air dalam galon setelah ditiup. Lakukan hal ini secara bergiliran. 

5. Ulangi percobaan tersebut dengan menarik napas terlebih dulu sebelum meniup selang yang dihubungkan dengan mulut galon. Bandingkan dengan kegiatan yang kalian lakukan sebelumnya. 

6. Ulangi kegiatan ini minimal 3 kali sehingga diperoleh data volume pernapasan dari setiap individu di kelompok kalian. 

7. Catat hasil pengamatan kalian pada tabel. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel