Asal - Usul Kehidupan Teori UREY Dan Teori OPARIN

Asal - Usul Kehidupan Teori UREY Dan Teori OPARIN - Setelah eksperimen pasteur, masalah akal kehidupan manusia juga menjadi bahan pemikiran orang. Pertanyaan yang masih belum terjawab adalah: "Dimanakah unsur kehidupan itu mula - mula timbul?"

Pada abad ke - 20 pertanyaan tersebut mulai dipersoalkan. Dalam hubungan dengan pertanyaan itu, terdapat dua pendapat. Pendapat pertama mengemukakan bahwa kehidupan pertama terjadi pada air. Pendapat kedua mengemukakan bahwa kehidupan pertama terjadi pada atmosfer. 

Pendapat pertama berdasarkan pemikiran bahwa setelah terbentuk lautan, diperkirakan terjadi reaksi kimia antara molekul - molekul. Lautan yang terbentuk pada mulanya mempunyai suhu yang cukup tinggi sehingga energinya dapat dipergunakan untuk berlangsungnya reaksi kimia.

Asal - Usul Kehidupan Teori UREY Dan Teori OPARIN


Molekul yang telah terbentuk, bereaksi satu sama lain sehingga terbentuk ikatan - ikatan organik bahan dasar makhluk hidup. 

Pendapat kedua diajukan oleh dua ahli yang berasal dari dua negara. Yang pertama adalah Harold Urey (1893), seorang ahli kimia berkewarganegaraan Amerika Serikat, mengajukan pendapat yang kemudian dikenal dengan teori Urey. 

Yang kedua adalah Oparin berkebangsaan Rusia yang pendapatnya kemudian dikenal dengan teori Oparin. Walaupun tidak bersepakat satu sama lain, prinsip yang dikemukakanya sama. Keduanya berpendapat bahwa kehidupan pertama terjadi pada atmosfer.

Pendapat itu didasarkan atas dapat terbentuknya asam amino dalam atmosfer. Asam amino selanjutnya akan membentuk protein, yang merupakan bahan utama penyusun substansi kehidupan. 

Menurut Harold Urey pada suatu saat dalam sejarah perkembangan bumi terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul CH₄ (metan), NH₃ (amonia), H₂ (Hidrogen) dan H₂ O. Molekul itu berada dalam bentuk gas. 

Urey berpendapat demikian karena pada kenyataan sekarangpun gas - gas itu terdapat dalam atmosfer. Gas - gas itu sangat penting karena unsur - unsurnya, yaitu unsur C (carbon), H (Hidrogen) dan O (oksigen) dan N (nitrogen) merupakan unsur yang dapat dijumpai juga dalam asam amino, sedangkan asam amino merupakan zat pembangun protein. 

Kita mengetahui bahwa protein merupakan bahan organik penting dalam tubuh makhluk hidup. Urey berpendapat bahwa oleh loncatan listrik yang ditimbulkan halilintar dan radiasi sinar kosmik, molekul itu bereaksi membentuk asam amino. 

Dengan tersedianya asam amino dimungkinkan terjadinya bentuk kehidupan. Bentuk pertama diperkirakan sama keadaanya dengan virus. Melalui proses evolusi, bentuk hidup pertama berkembang menjadi berbagai jenis makhluk hidup seperti yang tampak hidup sekarang.
Pendapat itu dikenal dengan teori Urey yang seperti halnya Oparin mengatakan bahwa makhluk hidup pertama terjadi di atmosfer.
Demikian Asal - Usul Kehidupan Teori UREY Dan Teori OPARIN moga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel