Pengertian Evolusi Makhluk Hidup Dan Akibat Proses Evolusi

Pengertian Evolusi Makhluk Hidup Dan Akibat Proses Evolusi - Evolusi berasal dari kata evolvo (latin) yang berarti membuka gulungan atau membuka lapisan. Sedang dalam bahasa Inggris evolution berarti perkembangan secara bertahap. 

Pengertian Evolusi Makhluk Hidup Dan Akibat Proses Evolusi


Dalam Ilmu sejarah, evolusi berarti perkembangan sosial, politik, ekonomi sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya unsur paksaan. Sedang dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), evolusi diartikan sebagai perkembangan makhluk hidup secara berangsur - angsur dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih sempurna. 

Perubahan itu terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama. Misalnya dari tumbuh - tumbuhan menjadi binatang dan dari binatang menjadi manusia.
Ditinjau dari bagian yang mengalami evolusi, maka evolusi alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : 

1. Evolusi kosmik, yaitu perubahan yang terjadi pada lingkungan tak hidup atau lingkungan abiotik. 
2. Evolusi organik, yaitu perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dari generasi ke generasi atau lingkungan biotik. 

Beberapa ahli biologi mengatakan bahwa makhluk hidup yang ada sekarang ini bukanlah merupakan yang pertama kali menghuni bumi, tetapi berasal dari makhluk hidup yang ada pada masa silam. 

Mengapa sekarang banyak ditemukan banyak ragam makhluk hidup? Apakah sejak semua sudah diciptakan sejumlah jenis seperti yang sekarang ini? Banyak ahli yang menyatakan bahwa semula spesies yang ada di bumi tidak sebanyak sekarang ini

Mereka berkeyakinan bahwa makhluk yang ada sekarang ini lambat laun mengalami perubahan dalam jangka waktu yang sangat lama bahkan jutaan tahun. 

Akibat perubahan itu maka makhluk - makhluk berikutnya telah jauh menyimpang dari struktur aslinya (moyangnya), sehingga timbulah turunan yang beraneka ragam yang mengarah kepada terbentuknya spesies baru. Akibat perubahan tersebut, maka pada tahap selanjutnya akan terdapat dua kemungkinan : 

1. Makhluk yang berubah tersebut akan tetap hidup dan terus berkembang.
2. Makhluk yang berubah tersebut tidak dapat mempertahankan hidup dan akhirnya punah. 

Berdasarkan kedua hal tersebut, maka evolusi organisme dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
  • Evolusi progresif, apabila evolusi menghasilkan spesies yang memungkinkan berlanjutnya kehidupan berikutnya.  
  • Evolusi regresif, yaitu apabila evolusi menghasilkan spesies yang tidak memungkinkan dapat melanjutkan kehidupan berikutnya.
Demikian Pengertian Evolusi Makhluk Hidup Dan Akibat Proses Evolusi Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel