Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Pada Makhluk Hidup

Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Pada Makhluk Hidup  - Apa yang menyebabkan terjadinya perubahan pada makhluk hidup? Menurut penelitian, banyak faktor yang menyebabkan perubahan pada makhluk hidup. Secara garis besarnya faktor - faktor itu dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain :
  • Faktor Dalam (Gen) 
Sifat suatu organisme dikendalikan oleh substansi yang tersimpan dalam kromosom yang disebut gen. Bila substansi itu berubah, maka berubah pulalah sifat organisme. Perubahan gen dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain :

a. Mutasi, yaitu perubahan struktur kimia gen yang sifatnya menurun. Mutasi dapat terjadi secara spontan, dan dapat pula karena pengaruh faktor luar, seperti bahan kimia, virus dan sinar radioaktif. 

b. Rekombinasi gen, yaitu penggabungan gen - gen dari induk jantan dan induk betina yang terjadi pada pembuahan ovum oleh sperma. Akibat adanya penggabungan tersebut, maka keturunanya akan mempunyai susunan pasangan gen yang berbeda dengan susunan gen induk jantan maupun induk betinanya. Akibat mutasi dan rekombinasi gen itu, maka timbulah variasi baru yang mengarah pada terbentuknya spesies baru.
  • Faktor luar (Lingkungan)
Makhluk hidup meru[akan bagian dari lingkungan. Sifat atau karakter suatu makhluk hidup tidak dapat dipisahkan dari lingkunganya. Suatu organisme akan tetap hidup apabila dapat menyesuaikan diri dengan lingkunganya, sedang yang tidak mampu beradaptasi akan punah. 

Adaptasi yang terus menerus dari suatu makhluk hidup karena adanya perubahan lingkungan yang terus - menerus, akan menyebabkan terbentuknya varian baru yang mengarah pada terbentuknya spesies baru.
Demikian Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Pada Makhluk Hidup semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel