Mutasi dan Macam Mutasi Kromosom

Mutasi dan Macam Mutasi Kromosom - Kita telah mempelajari bahwa gen adalah substansi hereditas, suatu kesatuan kimia yang mengatur perkembangan dan metabolisme individu dan menyampaikan informasi genetika kepada generasi berikutnya. Pada umumnya, gen - gen sebagai kesatuan kimia bersifat mantap walaupun mengalami pewarisan selama ratusan generasi sel ke sel.

Namun demikian, alam mempunyai pengaruh juga dalam jangka waktu yang amat panjang, yang memungkinkan kesatuan kimia ini berubah. Ada individu satu diantaranya mengandung gen yang berubah dari aslinya. Perubahan gen demikian disebut mutasi, dan individu yang bermutasi disebut mutan. 

Mutasi dan Macam Mutasi Kromosom

Macam Mutasi


Kemungkinan adanya perubahan kombinasi kromosom setelah peristiwa meiosis telah dibahas sebelumnya. Misalnya pada peristiwa pindah silang dan gagal berpisah. Lebih dari itu, kadang - kadang dapat terjadi bahwa bagian dari suatu kromosom yang panjang itu menempel dan ikut berpindah kepada kromosom yang lain.

Setelah meiosis tentu akan terjadi bahwa suatu gamet memiliki kromosom yang tak lengkap dan lainya berkelebihan. Demikian juga dapat terjadi bahwa bagian suatu kromosom hilang sama sekali.

Perubahan susunan ataupun perubahan jumlah ini akan membawa perubahan sifat - sifat yang dikendalikan oleh kromosom yang berubah itu. Dan perubahan ini diwariskan dalam peristiwa meiosis, mitosis dan pembentukan individu baru seterusnya. Mutasi demikian disebut mutasi kromosom.

Dari penyelidikan - penyelidikan lebih lanjut dapat diperoleh keterangan tentang adanya mutasi tanpa menampakan perubahan susunan maupun jumlah kromosom. Orang menduga "isi" kromosomlah yang berubah. "Isi" yang dimaksud adalah gen dan mutasi demikian disebut mutasi gen.


Sedemikian jauh telah ditunjukan bahwa sifat - sifat individu tergantung pada gen. Jika gen berubah, individu itu berubah. Bila dan oleh sebab - sebab apakah mutasi itu terjadi?


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel