Perubahan Perbandingan Frekuensi Gen Pada Populasi

Perubahan Perbandingan Frekuensi Gen Pada Populasi - Hukum Hardy - Weinberg tidak selalu menghasilkan angka perbandingan yang tetap dari generasi ke generasi: berarti dalam suatu populasi perbandingan frekuensi gen dari generasi ke generasi dapat mengalami perubahan. Marilah kita tinjau sebab - sebab yang menimbulkan penyimpangan terhadap hukum tersebut. 

Hingga kini telah diketahui beberapa faktor penting yang yang menyebabkan adanya perubahan - perubahan keseimbangan genetik di dalam populasi. 

1. Mutasi 
Terjadinya mutasi satu atau beberapa gen akan mengakibatkan adanya perubahan keseimbangan gen - gen seperti yang dinyatakan dalam hukum Hardy - Weinberg. 

2. Seleksi Alam
Apabila gen A mempunyai kemampuan hidup lebih dari pada gen a atau gen A tersebut mempunyai daya fertilitas yang lebih baik dari pada gen a, maka jumlah individu dengan gen A dalam populasi itu akan bertambah, sedangkan individu dengan gen a akan berkurang. 

Hal itu mengakibatkan adanya penyimpangan hukum Hardy - Weinberg

Berikut ini adalah contoh mengenai gejala perubahan frekuensi gen dalam suatu populasi katak. 

Dalam tahun 1958 di Danau buatan seluas kurang lebih 34 ha di bagian Selatan Amerika serikat ditemukan katak - katak besar yang berkaki banyak. Katak berkaki banyak ini ternyata tidak mempunyai daya fertilitas, sehingga jika katak berkaki banyak itu dikawinkan dengan sesamanya, tidak akan menghasilkan keturunan. 

Apabila kita beranggapan bahwa peristiwa tersebut merupakan akibat suatu mutasi gen, apakah gen mutasi itu akan hilang dari populasi? Anggaplah gen a adalah resesip, sedang A dominan. Jika populasi itu semua terdiri dari katak - katak dengan genotip Aa dan F2 nya akan terdiri atas individu - individu dengan perbandingan genotip 25% AA: 50% Aa: 25% aa. 

Misalnya F2 terdiri dari 27 individu AA, 54 individu Aa. Dari seluruh individu katak yang dapat menghasilkan keturunan berarti 1/ mempunyai genotip AA dan 2/3 mempunyai genotip Aa. Tabel di bawah ini menunjukan perbandingan kemungkinan - kemungkinan terjadinya perkawinan di antara induk - induk tersebut. 

Perubahan Perbandingan Frekuensi Gen Pada Populasi

Marilah kita lihat perbandingan genotip indvidu hasil perkawinan tersebut. Andaikan tiap perkawinan menghasilkan 10 individu, maka populasi generasi baru akan tersusun seperti table di bawah ini: 

Perubahan Perbandingan Frekuensi Gen Pada Populasi

Berdasarkan angka - angka tersebut di atas kita peroleh perbandingan genotip seperti berikut: 

44,44% AA: 44,44% Aa: 11, 11% aa

Walaupun terbukti bahwa katak berkaki banyak muncul lagi, tetapi prosentasenya menurun sampai menjadi 11,11% saja. Jumlah tersebut pada generasi - generasi berikutnya berkurang, tetapi tidak akan musnah sekali. 

Dalam contoh diatas menunjukan bahwa perubahan keseimbangan frekuensi gen pada populasi disebabkan oleh mutasi dan seleksi alam yang berjalan - jalan bersama - sama.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel