Mutasi Gen dan Angka Laju Spesies

Mutasi Gen dan Angka Laju Spesies - Telah dikemukakan bahwa mutasi itu antara lain disebabkan karena adanya mutasi gen, sehingga sifat - sifat individu yang dikendalikanya menyimpang dari sifat - sifat yang normal. 

Mutasi itu terjadi tanoa atau karena pengaruh faktor luar. Mutasi yang tidak dipengaruhi oleh faktor luar mempunyai dua sifat :

1. Mutasi itu sangat jarang terjadi.
2. Kebanyakan mutasi itu tidak menguntungkan. 

Apabila mutasi semacam itu sangat jarang terjadi bagaimanakah dapat terjadi spesies baru dengan mekanisme tersebut?

Mutasi Gen dan Angka Laju Spesies

Jika mutasi semacam itu kebanyakan merugikan bagi spesies itu sendiri; mengapa dapat terjadi spesies baru dengan sifat - sifat yang lebih baik?

Untuk membahsa itu perlu kita fahami apa yang disebut angka laju mutasi sesuatu spesies, yaitu angka yang menunjukan berapakah jumlah gen - gen bermutasi diantara semuruh gamet yang dihasilkan oleh satu individu dari sesuatu spesies. 

Angka laju mutasi dari sesuatu spesies umumnya sangat rendah tetapi konstan, ini mudah dipahamu karena faktor - faktor yang menyebabkan mutasi tidak dapat diramalkan secara pasti. Gen yang menentukan warna biji jagung, mungkin hanya satu - satunya gen yang bermutasi dari sejumlah 2000 gamet jagung. 

Gen - gen lain lebih stabil dari pada gen - gen pengendali warna jagung tersebut. 

Angka laju mutasi pada umumnya berkisar pada satu gen diantara dua ribu sampai jutaan gamet. Apabila kita ambil rata - rata dari setiap 100. 000 gamet, jelaslah bahwa kemungkinan terjadinya mutasi sangat kecil. 

Apabila kemungkinan terjadinya mutasi itu sangat kecil sekali, mengapa mutasi itu merupakan mekanisme evolusi yang penting? Hal itu dapat diterangkan sebagai berikut:

1. Setiap gamet mengandung beribu - ribu gen. 
2. Setiap individu mampu menghasilkan beribu - ribu, bahkan berjuta - juta gamet.
3. Jumlah generasi dari sesuatu spesies selama spesies itu ada banyak sekali. 

Jadi walaupun kemungkinan terjadinya mutasi gen tertentu akan sangat kecil sekali, tetapi berdasarkan fakta - fakta di atas dapat diperkirakan bahwa kemungkinan terjadinya mutasi gen akhirnya sangat besar sekali.


Angka laju mutasi yang menguntungkan spesies, lebih kecil lagi dari pada yang merugikan. Dan setiap 1000 mutasi diperkirakan hanya ada satu yang menguntungkan. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel