Adaptasi - Seleksi Alam

Adaptasi - Seleksi Alam -  Evolusi merupakan suatu proses yang berjalan sangat lama. Perubahan sifat dalam evolusi yang tidak sesuai dengan lingkungan menyebabkan makhluk yang bersangkutan tersisih karena adanya seleksi alam. Mengapa sifat - sifat yang sesuai menyebabkan makhluk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Baca Pokok - Pokok Pikiran Darwin Tentang Evolusi dan Uraian Tentang Evolusi.

Adaptasi - Seleksi Alam

Kita ambil contoh burung puyuh. Bentuk dan warna burung itu hampir menyerupai gumpalan - gumpalan tanah, sehingga jika ia berjalan - jalan di sawah - sawah yang baru dicangkul akan sukar sekali dilihat oleh musuh - musuhnya. Karena bentuk dan warna burung itu hampir serupa betul dengan gumpalan - gumpalan tanah. 

Lingkungan sawah atau ladang yang tanahnya bergumpal - gumpal melindungi burung puyuh dari musuh - musuhnya. 

Sebelum berkembangya industri di Inggris terdapat kupu - kupu yang berwarna cerah disebut Biston betlaria. Apabila kupu - kupu ini hinggap di batang pohon - pohon, karena mempunyai warna seperti kulit batang pohon tersebut maka kupu - kupu itu tidak mudah dilihat musuhnya. Diantara kupu - kupu tersebut ada jenis lainya yang berwarna gelap. 

Setelah berkembangnya industri di Inggris, jumlah populasi kupu - kupu bersayap gelap menjadi jauh lebih banyak dari pada jumlah populasi kupu - kupu bersayap cerah. Apakah yang menyebabkanya? 

Sejak berkembangnya industri di Inggris asap - asap pabrik telah mempengaruhi lingkungan hidup kupu - kupu tadi. Batang - batang pohon menjadi gelap warnanya karena tertutup jelaga. Mudah kita pahami, bahwa lingkungan yang gelap ini akan lebih menguntungkan bagi Biston betularia berwarna gelap dari pada yang berwarna cerah. Karena yang berwarna gelap lebih terlindungi dari musuh - musuhnya dari pada yang berwarna cerah. 

Di daerah yang insutrinya tak berkembang, populasi kupu - kupu yang berwarna cerah tetap lebih banyak dari pada populasi kupu - kupu yang berwarna gelap. 

Berdasarkan kenyataan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa adaptasi terhadap lingkungan merupakan salah satu mekanisme seleksi alam.  Baca Hipotesa Darwin Tentang Seleksi Alam.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel