Seleksi Alam Berdasarkan Resistensi dan Penjelasan

Seleksi Alam Berdasarkan Resistensi dan Penjelasan - Dewasa ini kita kenal bermacam - macam antibiotika seperti pennicillin, streptomycin dan lain - lainya yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit - penyakit yang disebabkan oleh bakteri. 

Seleksi Alam Berdasarkan Resistensi dan Penjelasan

Penggunaan antibiotika dalam dosis yang tidak tepat dapat menimbulkan resistensi bakteri. Bagaimana hal itu terjadi dapat dijelaskan? 

Peristiwa tersebut dapat diterangkan dengan azas seleksi alam. Di dalam koloni bakteri yang belum dipengaruhi antibiotika, sesungguhnya telah ada bakteri yang mempunyai daya tahan terhadap antibiotika dalm konsentrasi muda. 

Pada pemberian antibiotika dalam konsentrasi rendah sebagian besar bakteri itu akan mati, sedangkan bakteri yang resisten tetap hidup. Bakteri ini kemudian berkembang biak dan menimbulkan keturunan - keturunan baru dengan daya tahan lebih besar terhadap antibiotika. 

Sebelum pemberian antibiotika bakteri - bakteri yang punya daya tahan yang lebih kuat itu, tidak bersifat dominan, karena terdesak oleh bakteri - bakteri lainya. Jadi dalam hal ini antibiotika hanya merupakan faktor pengaruh terhadap berkembangnya populasi bakteri yang punya daya tahan terhadap antibiotika. 

Daya tahan (resistensi) terhadap obat - obatan semacam ini juga terdapat serangga. Serangga - serangga seperti lalat, nyamuk dan sebagainya, sekarang memperlihatkan gejala kenaikan resistensi terhadap D.D.T atau insektisida lainya.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel