Pokok - Pokok Pikiran Darwin Tentang Evolusi dan Uraian Tentang Evolusi

Pokok - Pokok Pikiran Darwin Tentang Evolusi dan Uraian Tentang Evolusi - Ajaran Darwin tentang evolusi didasarkan atas pokok - pokok pikiran berikut: 

1. Darwin berpendapat bahwa tidak ada dua individu yang sama. 
Perbedaan antara dua individu selalu tampak walaupun keduanya tergolong dalam satu spesies. Hal ini mudah kita pahami dengan melihat kenyataan bahwa dunia ini tidak ada dua manusia yang sama betul, sekalipun kedua orang itu adalah saudara kembar. Berdasarkan pengamatan, Darwin berpendapat bahwa sifat - sifat bervariasi diwariskan kepada keturunanya. 

2. Setiap populasi berkecenderungan untuk bertambah banyak. Hal ini mudah sekali dipahami karena setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk berkembang biak. 

Telah diketahui bahwa satu bakteri dapat berkembang biak menjadi dua, dua menjadi empat dan seterusnya. Begitu pula tumbuhan atau hewan. 

3. Untuk berkembang biak perlu adanya makanan dan ruangan yang cukup. 
4. Kenyataan menunjukan bahwa bertambahnya populasi tidak berjalan terus - menerus. Apabila satu bakteri dapat menjadi dua dalam waktu 20 menit, maka dalam beberapa tahun saja dunia ini akan penuh dengan bakteri. Tetapi kenyataanya tidaklah demikian. Banyak populasi yang tidak bertambah, bahkan menjadi berkurang, padahal spesies itu mempunyai kemampuan berkembang baik dengan cepat.


Pokok - Pokok Pikiran Darwin Tentang Evolusi dan Uraian Tentang Evolusi

Selain itu Darwin juga mengemukakan masalah - masalah berikut:
Mengapa banyak hewan mati sebelum dewasa? Mengapa suatu individu dapat berumur panjang dan yang lain tidak? Sebagai jawaban terhadap masalah diatas Darwin kemudian mengemukakan pendapatnya, bahwa setiap individu harus berjuang untuk kelangsungan hidupnya. 

Setiap individu harus berusaha untuk mendapatkan unsur - unsur yang diperlukan untuk kelangsungan hidupnya, misalnya: cahaya, makanan, air, tempat hidup dan sebagainya. Pada umumnya unsur - unsur tersebut di atas harus diperoleh melalui suatu persaingan. persaingan ini tidak hanya terjadi diantara individu dalam satu spesies, tetapi juga diantara individu - individu dari spesies lain. 

Individu - individu yang mempunyai sifat yang sesuai dengan lingkungan dan menang dalam persaingan ini akan terus bertambah banyak, sedangkan individu - individu yang mempunyai sifat - sifat yang kurang sesuai dengan lingkunganya akan semakin berkurang. 

Alam mengadakan seleksi terhadap individu - individu yang hidup di dalamnya. Hanya individu - individu yang dapat menyesuaikan diri dengan alam lingkunganya yang akan hidup terus, sedangkan yang tidak akan musnah. 

Itulah yang dimaksud dengan seleksi alam dalam teori evolusi Darwin. 

Uraian tentang evolusi yang berpinajk pada teori Darwin tidak lepas dari kenyataan - kenyataan berikut:

1. Adanya variasi di dalam satu keturunan.
2. Adanya kecenderungan bertambah besarnya populasi. 
3. Adanya perjuangan spesies untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. 
4. Adanya kenyataan bahwa individu yang berbeda akan melahirkan keturunan yang berbeda, dan hanya individu - individu yang mempunyai sifat - sifat yang sesuai dengan lingkunganya saja yang akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. 

Setiap spesies selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganya. Sedikit demi sedikit sifat - sifat spesies itu akan berubah ke arah yang lebih serasi dengan keadaan lingkunganya. Perubahan ini berlangsung dari generasi ke generasi dalam waktu yang sangat lama sekali.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel