Cacing Tambang: Jenis Cacing Tambang Dan Ciri Umum

Cacing Tambang: Jenis Cacing Tambang Dan Ciri Umum - Ada dua jenis cacing yang dapat disebut cacing tambang ini, adalah Ancylostoma duodenale yang banyak terdapat di Afrika dan Asia, dan Necator americanus yang terdapat di daerah tropik di Benua Amerika.

Kedua jenis cacing itu, walaupun mempunyai nama berlainan serta terdapat ditempat yang amat jauh terpisah, ternyata mirip satu dengan yang lainya. Penyakit yang ditimbulkanya pun mirip.

Panjang tubuh cacing dewasa kira - kira 1 sampai 5cm. Mulutnya terdapat pada ujung depan. Padanya terdapat kait - kait yang digunakan untuk melekatkan diri pada usus manusia. Cacing tambang mengisap darah inangnya dan lebih dari itu dapat pula menghasilkan zat anti-koagulan yang mencegah pembekuan darah yang di isap dari inangnya. 

Cacing Tambang: Jenis Cacing Tambang Dan Ciri Umum
Ancylostoma suka bergerombol sehingga mungkin terdapat sampai ribuan cacing yang secara bersama - sama mengisap darah inangnya sambil mencegah terjadinya pembekuan darah. Oleh karena itu, penderita penyakit ini akan mengalami anemia yang bahkan dapat mengakibatkan kematian. 

Daur hidup cacing tambang adalah sebagai berikut. Cacing tambang betina yang hidup dalam usus manusia dapat menghasilkan telur- telur yang keluar dari tubuh manusia bersama - sama tinja. Telur - telur itu menetas dan menghasilkan larva amat kecil. 

Larva ini dapat masuk kedalam tubuh manusia lain dengan jalan menembus kulit (biasanya kulit kaki yang tidak beralas). Di dalam tubuh manusia, larva ini mengikuti aliran darah yang terbawa ke paru - paru. Di sini larva itu menembus jaringan paru - paru dan mungkin dapat pula mengakibatkan kerusakan. 

Kemudian, larva itu masuk ke ke trakea dan tertelan masuk ke kerongkongan, lalu masuk ke dalam lambung, yang kemudian, setelah mengalami perkembangan, masuk ke dalam usus halus. Di usus halus ini cacing telah menjadi hewan dewasa dan mempunyai kait - kait untuk meletakan dirinya pada dinding usus. Dengan demikian, berulanglah daur hidup itu dengan mengeluarkan telur dan perkembangan selanjutnya. 

Beberapa jenis Nemathelminthes parasit pada manusia, adalah trichuris (cacing cambuk), Strongyloides (infeksi melalui kulit yang luka), Enterobius atau Oxyuris (cacing kremi). Trichinella (cacing otot), Wuchereria salah satu jenis Filaria (cacing penyebab penyakit kaki gajah), Loa (cacing mata) dan Onchocerca (cacing pembuta).

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel