Contoh Alga Biru Yang Bersel Tunggal

Contoh Alga Biru Yang Bersel Tunggal 

Contoh Alga Biru Yang Bersel Tunggal

a. Chroococcus
Sel - sel alga ini biasanya terdapat di dasar kolam - kolam yang tenang. Biasanya sel - sel yang masih muda tetap bersatu karena ada selubung yang mengikatnya. Sehingga keadaanya sebagai makhluk bersel tunggal. Pembiakan berlangsung secara vegetatif dengan membelah. 

b. Gloeocapsa
Alga ini hampir serupa dengan Chroococcus. Selubungya berwarna. Gloeocpasa terdapat pada batu- batuan dan juga sebagai epifit pada tumbuhan lain. 

c. Polycystis
Koloni Polycistis berbentuk serupa bola atau agak teratur. Pembiakan dilakukan dengan pembelahan diri masing - masing sel dan fragmentasi koloni, yaitu sebagian koloni memisahkan diri dan tumbuh menjadi koloni baru. 

d. Oscillatoria
Alga ini berupa benang tebal yang terdiri dari sel - sel yang pipih. Pembelahan sel menyebabkan benang ini makin lama makin panjang. Benang yang baru terjadi karena fragmentasi benang yang lama. Potongan benang yang terpisah dari benang lama dan kemudian tumbuh menjadi benang baru itu disebut hormogonium. 

e. Nostoc
Alga ini berupa benang yang terdiri dari sel - sel yang berbentuk bola. Di sana - sini terdapat sel - sel yang berbentuk lain dari sel tetangganya. Sel ini disebut heterosista. Benang Nostoc dapat putus dekat heterosista dan potongan benang menrupakan hormogonium. Heterosista dapat pula menjadi benang baru. 

f. Rivularia
Alga ini berbentuk seperti cambuk. Sel - sel pada pangkalnya lebih besar daripada sel - sel pada ujungya. Sel pertama pada pangkal benang mempunyai bentuk yang berlainan sekali dengan sel - sel yang lain. Sel ini merupakan heterosista yang berfungsi sebagai alat pembiak. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel