Kelas Alga Biru Atau Cyanophyceae

Kelas Alga Biru Atau Cyanophyceae - Alga biru ada yang bersel tunggal dan ada pula yang bersel banyak berupa benang atau berupa koloni; ada pula yang menghuni air tawar, air laut dan ada pula yang hidup di tempat - tempat yang tidak banyak air, bahkan ada yang tumbuh pada batu- batuan yang tidak huni tumbuhan lain. 

Kelas Alga Biru Atau Cyanophyceae

Di dalam mata air panas dengan suhu 85 derajat C pun terdapat alga biru dan di mana - mana alga ini merupakan komponen penting plankton. 

Alga biru terdapat sebagai endofit atau sebagai epifit pada tumbuh - tumbuhan dan hewan. Di dalam ujung akar pakis haji terdapat alga biru sebagai anggota persekutuan hidup bersama, sedangkan di sela - sela gigi dan dalam perut manusia pun sring terdapat jenis - jenis alga biru. 

Alga biru tidak mempunyai kloroplas. Klorofil tersebar di dalam plasma el, seperti halnya dengan pigmen biru fikosianin. Intinya pun belum tampak sebagai bentuk yang menentu. Bahan inti tidak diselubungi oleh membran inti. Inti sel yang demikian itu kita sebut prokarion; nama ini sudah kita kenal pada waktu itu kita membicarakan bakteri. 

Sepanjang pengetahuan kita, alga biru hanya mengenal perkembangbiakan vegetatif dengan membelah diri atau fragmentasi. Oleh karena itu alga biru disebu tjuga alga belah atau Schizophyceae. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel