Kelas Alga Keemasan Atau Chrysophyceae

Kelas Alga Keemasan Atau Chrysophyceae - Yang dimaksud ke dalam kelas ini adalah alga yang berwarna kuning sampai agak perang keemas - emasan. Kloroplas kecil - kecil berbentuk cakram atau lebaran. Di amping klorofil ada macam -macam karoten yang menyebabkan warna keemas - emasan. Alga ini terdapat di tempat - tempat yang basah, baik di air tawar maupun di air laut, dan merupakan bagian penting dalam fitoplankton. 

Kebanyakan alga ini bersel banyak berupa benang; beberapa jenis diantaranya dahulu dimasukan ke dalam kelas Chlorophyceae.

Kelas Alga Keemasan Atau Chrysophyceae

Beberapa contoh Chryssophyceae yang bersel tunggal adalah sebagai berikut:

a. Ochromonas
Alga ini berbentuk bola atau menyerupai bola; kloroplas berupa lembaran melengkung berwarna kekuning- kuningan. Ada inti, vakuola dan kadang - kadang stigma. Pada bagian depan tubuhnya terdapat dua flagel yang tidak sama panjangnya. Pembiakan dengan pembelahan diri. Alga ini tidak banyak terdapat. 

b. Navicula sp
Alga ini terkenal sebagai suatu diatom atau kersik yang terdapat di mana - mana dan merupakan komponen penting dalam plankron. Tubuhnya terdiri dari wadah (hipoteka) dan tutup (epiteka). Dindingnya mengandung kersik. 

Sel - l yang telah mati mengendap di dasar laut yang merupakan lapisan tanah diatom. Tanah diatom ini berguna sebagai penggosok, bahan isolasi, bahan penyekat dalam dinamit, dan pembuatan saringan. 

Pembiakan navicula menarik perhatian. Selnya membelah diri menjadi dua sel anakan. Satu diantaranya memperolah wadah, sedangkan yang lainya memperoleh tutup. 

Tutup membentuk wadah baru, sedangkan wadahnya menjadi tutup sel baru. Pada pembiakan berikutnya terjadi demikian juga sehingga akhirnya, terjadilah Navicula yang kecil sekali. Jika bentuk minimum tercapai, protoplas ke luar menjadi badan yang disebut aukspora. Setelah aukspora tumbuh dan mencepai ukuran yang normal, terbentuklah wadah serta tutup semula. 

Sebagai contoh Chrysophyceae yang berbentuk benang - benang kita bicarakan hal - hal berikut. 

c. Vauchera
Dahulu Alga ini dimasukan ke dalam kelas Chlorophyceae. Vaucheria terdapat di mana - mana. Alga ini berupa benang yang bercabang - cabang tanpa sekat - sekat. Intinya tersebar di mana - mana. Ujung cabang ini berubah menjadi suatu wadah yang menghasilkan spora. Wadah ini kita sebut sporangium. Sporangium menghasilkan zoospora yang berflagel banyak. Zoospora meninggalkan sporangium dan di tempat lain tumbuh menjadi Vaucheria baru. Itulah pembiakanya secara vegetatif. 

Pembiakan secara generatif dilakukan dengan perkawinan antara sel telur dan spermatozoid; yang pertama dibentuk dalam oogonium dan yang kedua dibentuk dalam anteridium. 

Oogonium dan anteridium tumbuh pada cabang yang sama. Hasil perkawinan berupa zigospora; zigospora terlepas dari induk dan beberapa lama kemudian tumbuh menjadi alga baru. Di dalam zigospora terjadi meiosis. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel