Kelas Alga Pirang atau Phaeophyceae

Kelas Alga Pirang Atau Phaeophyceae - Alga perang adalah penghuni laut, terutama laut yang agak dingin. Warna pirang disebabkan oleh pigmen yang disebut fukosantin. Zat warna ini menutup warna hijau klorofil dan kuning karoten.

Kelas Alga Pirang atau Phaeophyceae

Semua alga pirang berbentuk benang atau lembaran. Pembiakan secara vegetatif dengan zoospora yang berflagel dua. Flagel ini tidak terletak di ujung, akan tetapi di sisi. 

Banyak alga perang mempunyai bentuk serupa tumbuhan tinggi dengan bagian - bagian serupa akar, serupa batang, dan serupa daun. Satu tumbuhan dapat berpuluh - puluh meter panjangnya.

Beberapa Phacophyceae menghasilkan asam alginat yang dimanfaatkan manusia dalam perusahaan tekstil dan perusahaan makanan. 

Sebagai contoh Phaeophyceae yang banyak tumbuh di pantai laut yang agak dingin adalah Fucus. Sedangkan  contoh yang paling banyak dikenal adalah Fucus vesiculosus. 

Pembiakan generatif alga ini hampir serupa dengan pembiakan generatif tumbuhan tinggi. Pada ujung - ujung lembaran yang fertil terbentuklah reseptakel, yaitu badan yang mengandung alat pembiak. 

Di dalam reseptakel ini terdapat konseptakel yang mengandung sel kelamin yang berupa sel telur berupa spermatozoid. Ada jenis yang konseptakelnya mengandung sel telur dan spermatozoid, yaitu bila jenis itu homotalus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel