Kelas Alga Merah Atau Rhodophyceae

Kelas Alga Merah Atau Rhodophyceae - Kebanyakan alga merah adalah penghuni laut dan dapat tumbuh beberapa puluh meter dibawah permukaan air. Beberapa spesies terdapat pada air tawar juga. Pada umumnya alga ini bersel banyak dan berupa benang atau lembaran.

Kelas Alga Merah Atau Rhodophyceae

Selain klorofil ada pigmen fikoeritrin yang berwarna merah dan fikosiamin yang berwarna biru; tidak ada sel yang mempunyai alat gerak. 

Pembiakan secara generatif agak rumit dan tidak akan dibicarakan terperinci. Ada tumbuhan diploid yang menghasilkan spora - spora haploid. Spora -spora ini tumbuh menjadi alga jantan dan alga betina. 

Kemudian, yang pertama menghasilkan spermatium (sel kelamin jantan yang tidak mempunyai alat gerak), sedang alga betina menghasilkan sel telur. Perkawinan sel telur dengan spermatium menghasilkan zigot yang tumbuh menjadi alga diploid lagi. 

Ada alga merah yang mempunyai peranan dalam kehidupan ekonomi manusia. Di Indonesia Eucheuma spinosum merupakan sumber agar - agar, di negeri - negeri yang agak dingin Gelidium dan Gracilaria adalah penghasil agar - agar. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel