Simbiosis Alga Dengan Jamur

Simbiosis Alga Dengan Jamur - Arti simbiosis adalah hidup bersama. Antara alga dari kelas Cyanophyceae dan Chlorophyceae pada satu pihak dengan jamur. Acomycetes atau Rasidiomycetes pada pihak lain dapat terjalin suatu persekutuan hidup yang erat sekali sehingga tampak sebagai kelompok makhluk baru. Kelompok ini terkenal sejak lama sebagai lumut kerak atau Lichenes.

Simbiosis Alga Dengan Jamur

Namun lumut ini tidak tepat sama sekali, karena Lichenes ini memang bukan lumut dalam pengertian botani. Di dalam sistematik, Lichenes sebagai kelompok sulit untuk ditentukan kedudukanya karena simbion - simbionya (anggota simbiosis) jelas jamur dan alga yang masing - masing mempunyai kedudukan yang berlainan di dalam sistematik. 

Terjadinya simbiosis itu sebenarnya secara kebetulan saja. Jika jamur tidak berjumpa dengan alga, masing - masing tetap hidup sendiri - sendiri. Di laboratorium persekutuan antara kedua simbion itu dapat dieratkan atau direnggangkan dengan menggunakan substrat tertentu. 

Lichenes terdapat pada tempat - tempat yang kering seperti pada batu - batuan, pada kulit batang pohon - pohonan, pada daun - daunan tertentu, dan pada tanah yang sedikit basah. Seperti halnya dengan a;lga biru dan alga hijau. Lichenes merupakan tumbuhan perintis. Kegiatan Lichenes menjadi salah satu penyebab pelapukan Candi Borobudur dan candi lainya. 

Pembiakan Lichenes dilakukan dengan fragmentasi; sekelompok jalinan hifa yang menyelubungi sel - sel alga terlepas. Kemudian terbawa angin atau air dan tumbuhan ditempat lain. Kelompok itu disebut soredium. Di samping itu, jamur dapat menghasilkan spora menurut jenisnya. Spora dapat tumbuh menjadi Lichenes baru bila bertemu dengan alga yang sesuai. 

Sel - sel alga tidak membentuk alat perkembangbiakan yang meninggalkan induknya, melainkan hanya dapat berbiak dengan membelah diri dalam tubuh Lichenes. Beberapa contoh Lichenes yang mudah diamati adalah sebagai berikut:

a. Parmelia
Bentuk parmaelia seperti kerak berwarna hijau abu - abu menempel pada kulit batang pohon - pohon. Lebarnya sampai beberapa cm. 

b. Graphis
Bentuk graphis seperti coret - coret kecil yang panjangnya beberapa mm saja banyak yang tumbuh pada pohon - pohon. 

c. Usnea Atau Lumut Janggut
Lichenes ini banyak terdapat pada pohon - pohonan di pegunungan. Usnea mempunyai kepingan untuk melekat pada suatu tempat. Ujung Usnea serupa benang - benang yang bergantungan di udara. Lichenes ini banyak dipergunakan oleh penjual jamu. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel