Definisi/Pengertian Protozoa Dan Pembiakan

Definisi/Pengertian Protozoa Dan Pembiakan - Nama protozoa berarti hewan yang pertama. Karena hewan - hewan ini demikian kecilnya, untuk mengamatinya diperlukan mikroskop. Protozoa digolongkan sebagai mikroorganisme. Ukuranya antara 3 sampai 1000 mikron.

Menurut dugaan, banyaknya jenis protozoa yang masih hidup sekarang dengan yang sudah menjadi fosil, lebih dari 50.000 dan terdapat di seluruh dunia. Pada umumnya protozoa merupakan penghuni tempat - tempat yang berair dan tempat - tempat yang cukup basah. 

Jika keadaan lingkungan kurang menguntungkan, misalnya kekurangan air, hewan - hewan ini berusaha mengatasi keadaan buruk itu dengan membungkus diri menjadi sista. Di dalam bentuk sista ini Protozoa dapat bertahan lebih lama.
Definisi/Pengertian Protozoa Dan Pembiakan

Pada umumnya protozoa bersel tunggal saja. Oleh karena itu, untuk protozoa dapat digunakan istilah hewan bersel tunggal. Semua kegiatan makhluk hidup dilakukan oleh sel itu sendiri. Di dalam sel terdapat alat -alat yang melakukan kegiatan hidup. 

Alat - alat organela itu, misalnya inti, nukleolus, vakuola dan mitokondria. Kebanyakan protozoa berinti tunggal, beberapa jenis mempunyai lebih dari satu inti. Beberapa jenis terdiri dari kelompok sel yang membentuk koloni. 

Pembiakan protozoa pada umumnya dilakukan secara vegetatif dengan membelah diri. Pada beberapa jenis tertentu ada pembiakan generatif. Karena belum jelas adanya perbedaan antara individu jantan dan betina, cara pembiakan generatif pada Protozoa ini pun di sebut konjugasi, bukan perkawinan. 

Kebanyakan protozoa tidak mempunyai dinding sel yang kuat seperti dinding sel tumbuhan dan bentuk tubuhnya pun tidak seperti halnya pada sel tumbuhan. Rupa - rupanya di zaman purba juga sudah ada jenis yang mampu menyusun cangkang atau kerangka luar yang terbentuk dari kapur atau atau kersik. 

Fosil - fosil mereka terdapat dalam batu-batu yang berasal daru zaman Kambium, kira - kira 600 juta tahun yang lalu. Jenis - jenis yang berkerangka kersik lebih tua daripada jenis - jenis yang berkerangka kapur. Fosil - fosil itu ditemukan pada waktu orang mengebor tanah untuk mencari sumber - sumber minyak bumi. 

Protozoa hanya hidup dari zat - zat organik, yaitu zat -zat yang sudah jadi,. Mereka merupakan konsumen di dalam komunitas. Makanan mereka berupa bakteri, mikroorganisme yang lain atau sisa - sisanya. Pada tempat - tempat yang basah dan perairan pada umumnya Protozoa merupakan zooplankton.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel