Kelas Alga Hijau Atau Chlorophyceae

Kelas Alga Hijau atau Chlorophyceae - Alga hijau ada yang bersel tunggal dan ada pula yang bersel banyak membentuk koloni, berupa benang, berupa lembaran atau tabung. Di antara yang bersel tunggal dan yang terbentuk koloni, ada yang dapat bergerak pindah tempat, ada pula yang menetap di suatu tempat.

Kelas Alga Hijau Atau Chlorophyceae

Klorofil terhimpun di dalam kloroplas yang berbeda - beda bentuknya untuk setiap jenis. Inti tidak berupa prokarion melainkan suatu eukarion, yaitu inti berdinding sehingga bentuknya tetap. 

Banyak alga hijau dapat berkembang biak, baik secara vegetatif maupun secara generatif. Alat pembiak berupa spora kembara yang disebut juga zoospora, yaitu spora yang dapat berenang kemana - mana. Gerakan itu dimungkinkan karena adanya alat geral berupa flagel (bulu cambuk). 

Pembiakan secara generatif berlangsung dengan konjugasi, yaitu bersatunya dua individu yang berlainan jenis. Hasil konjugasi itu berupa suatu zigospora. Zigospora tidak mempunyai alat gerak. 

Alga hijau terdapat dimana - mana, baik di darat, di air tawar maupun di air laut dan pada tempat yang cukup basah. Ada yang hidup bebas, ada yang hidup sebagai ektotif (di luar tubuh tumbuhan inang), ada pula yang hidup sebagai endofit dalam tubuh tumbuhan dan hewan , seperti Protozoa, Coelenterata dan bunga karang. 

Banyak di antara laga ini yang merupakan fitoplankton dan tumbuhan perintis; cara - cara pembiakan alga hijau ada banyak ragamnya. Mengenai alga hijau yang oleh para sarjana lain tidak dimasukan ke dalam kelas ini, seperti Euglena, Spirogyra dan Chara. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel