Contoh Ciliata Di Perairan Yang Mengandung Sampah

Contoh Ciliata Di Perairan Yang Mengandung Sampah - Ciliata lain yang biasanya juga banyak terdapat di dalam perairan yang mengandung sampah - sampah adalah sebagai berikut.

Contoh Ciliata Di Perairan Yang Mengandung Sampah
Stentor Coeroleus

a. Stentor
Hewan ini berbentuk seperti terompet, biasanya menetap di suatu tempat. Akan tetapi, bila keadaan setempat tidak memungkinkan, stentor dapat berpindah tempat. 

b. Didinium
Hewan ini merupaka predator di dalam ekosistem perairan. Ia pemangsa paramaesium. 

c. Vorticella
Bentuk hewan ini serupa lonceng bertangkai panjang dan menetap disuatu tempat. Silia hanya ada di sekitar mulut. Tangkai dapat lurus atau serupa spiral. 

d. Stylonichia
Bentuk hewan ini serupa siput. Banyak silisa berkelompok menjadi sirus yang tampak seperti duri. Stylonichia banyak terdapat pada permukaan daun yang terendam air atau merayap di dasar kolam. 

e. Balantidium coli
Hewan ini penghuni usus besar manusia. Pada waktu - waktu tertentu ia dapat menimbulkan gangguan perut (balantidiumosis). 

Beberapa sarjana memandang perlu untuk mengadakan kelas atau bangsa tersendiri Protozoa yang bergetar dan bertangkai yaitu Suctoria. Hewan - hewan ini memulai kehidupanya sebagai Ciliata. Menjelang dewasa, tanggalah bulu - bulu getarnya dan tumbuhlah tangkai untuk menetap pada suatu tempat. 

Pada tubuhnya munculah cabang - cabang protoplasma yang merupakan tentakel untuk mengisap zat - zat dari mangsanya. Mangsanya dapat berupa Ciliata yang yang lain. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel