Definisi Jamur Dan Perananya

Definisi Jamur Dan Peranannya - Dalam pengertian kita, jamur adalah tumbuhan. Secara terperinci, jamur adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil. Jadi, apakah perbedaan antara jamur dan bakteri?

Bakteri adalah tumbuhan yang bersel tunggal saja. Jamur ada juga yang bersel tunggal, tetapi kebanyakan jamur bersel banyak. Tubuh jamur terdiri dari benang - benang yang kita sebut hifa. Hifa bercabang - cabang merupakan bentuk seperti jaring - jaring; bentuk ini kita sebut miselium. Dalam keadaan tertentu, misalnya pada waktu kekurangan oksigen jamur bersel tunggal dapat pula berbentuk benang - benang. 

Definisi Jamur Dan Peranannya
Kita masih ingat bahwa bakteri dapat membentuk endospora. Jamur tidak membentuk endospora serupa itu. Meskipun disini disebutkan seakan - akan bakteri dan jamur mempunyai perbedaan yang jelas, tetapi dalam keadaanya antara jamur bersel tunggal dan bakteri itu tidak tampak perbedaan - perbedaan menyolok. Bahkan, orang cenderung menganggap jamur itu sebagai bentuk lanjutan dari bakteri. 

Kata cendawan itu sinonim kata jamur dan selanjutnya kita gunakan kata jamur untuk nama semua tumbuhan tidak berklorofil, yang bagi khalayak ramai dikenal sebagai lapuk, kulat dan kapang. 

Di dunia ada kira - kira seratus ribu jenis jamur. Terutama pada tempat basah dan mengandung zat organik merupakan tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur. Selain itu, jamur suka tumbuh di lingkungan yang agak asam. Sinar matahari bukan suatu persyaratan yang mutlak baginya. 

Karena jamur itu tidak berklorofil kehidupnaya tergantung kepada zat - zat organik yang telah ada. Dengan kata lain, jamur itu makhluk yang heterotrof. Sebagai saprofit jamur mempunyai peranan dalam penguraian zat organik. Dengan demikian, membantu siklus peredaran zat organik. 

Akan tetapi, sebagai saprofit mereka juga merusak rumah, pakaian dan makanan kita! Apa pun yang berasal dari zat organik mereka makan. 

Banyak jamur hidup sebagai parasit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Mikosis adalah nama penyakit pada manusia yang disebabkan oleh jamur, misalnya, dermatomikosis, yaitu macam - macam penyakit kulit yang berguna bagi kehidupan manusia karena menghasilkan zat yang dapat dimakan atau zat yang berguna sebagai obat-obatan. 

Di dalam bagian ini lebih dahulu dibicarakan, terutama jamur - jamur yang berukuran kecil yang dikelompokan ke dalam mikroorganisme. Golongan jamur itu demikian banyak ragamnya sehingga klasifikasinya menimbulkan banyak kesulitan. Di sini diberikan salah satu cara dari sekian banyak klasifikasi yang ada.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel