Kelas Ascomycetes: Jamur - Jamur Ascomycetes

Kelas Ascomycetes: Jamur - Jamur Ascomycetes - Ascomycetes adalah jamur yang tubuhnya kecil terdiri dari benang - benang yang tersekat - sekat. Di antara jamur - jamur Ascomycetes ada juga yang bersel tunggal. Ciri khas yang ada pada jamur ini adalah cara pembentukan sporanya dalam pembiakan generatif. Spora itu dibentuk di dalam suatu sel yang menggembung serupa bola atau serupa kantung yang memanjang. 

Kelas Ascomycetes: Jamur - Jamur Ascomycetes

Alat ini disebut askus dan spora yang dibentuk di dalam askus ini disebut askospora. Ada jamur Ascomycetes  yang askusnya terkumpul dalam suatu tubuh buah  (askokrap), ada juga jamur Ascomycetes yang askusnya terpisah - pisah. 

Selain itu, jamur Ascomycetes mempunyai alat pembiak yang dihasilkan secara vegetatif. Alat pembiak itu disenut konidiospora atau konidium. 

Pada bagian ini kita bicarakan terutama jamur Ascomycetes yang berukuran kecil dulu. Sebagai contoh kita kemukakan Saccharomycetes. jamur ini bersel tunggal. berbentuk bulat telur, besar sekitar 5 - 10ยต, berbiak vegetatif dengan pertunasan dan generatif dengan askospora yang berjumlah dua atau empat. 

Di dalam perkataan sehari - hari jamur ini terkenal sebagai ragi atau khamir. Khamir ini diperlukan dalam pembuatan minuman keras, tape serta bermacam - macam roti dan kue. 

Jika khamir ini ditumbuhkan pada karbohidrat terutama gula, di dalam keadaan anaerob (tanpa oksigen) jamur ini mampu mengubah karbohidrat menjadi alkohol. Selain itu, Saccharomycetes dapat pula menghasilkan vitamin B kompleks yang berguna bagi manusia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel