Nemathelminthes: Ciri - Ciri Umum Dan Struktur Tubuh Nemathelminthes

Nemathelminthes: Ciri - Ciri Umum Dan Struktur Tubuh Nemathelminthes  - Tubuh Nemathelminthes simetris bilateral, gilig (bulat panjang), dan tidak bersegmen. Sering di sebut cacing gilig. Sistem perncernaanya biasanya merupakan pipa lurus dari mulut sampai anus. Ia tidak mempunyai silia ataupun kaki.

Nemathelminthes: Ciri - Ciri Umum Dan Struktur Tubuh Nemathelminthes

Diduga ada kurang lebih 10.000 jenis yang termasuk ke dalam Nemathelminthes ini. Hampir semua tempat dapat didiami oleh cacing - cacing yang tergolong dalam filum ini. Nemathelminthes yang hidup bebas dapat dijumpai di laut, dalam air tawar, dan di darat. 

Mereka terdapat mulai dari daerah kutub sampai daerah tropik, yang termasuk padang pasir, sumber - sumber air panas, pegunungan yang tinggi, serta lautan yang dalam. Di samping yang hidup bebas, banyak pula yang hidup sebagai parasit, menyerang hewan dan tumbuhan. 

Nemathelminthes ada yang tidak begitu ganas, tetapi ada juga yang amat merugikan inangnya. Manusia pun tidak luput dari gangguan macam - macam Nemathelminthes. 

Beberapa Nemathelminthes yang hidup bebas mempunyai mata sederhana. Tubuhnya mengandung cairan tubuh yang mirip dengan darah, tetapi cacing ini tidak mempunyai sistem peredaran darah dan tidak mempunyai jantung. Cairan tubuh itu merembes begitu saja dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh yang lain. 

Pada kebanyakan Nemathelminthes dapat dibedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Biasanya, cacing jantan lebih kecil daripada cacing betina. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel