Pelecypoda: Kelas Filum Mollusca Menurut Bentuk Dan Alat Gerak

Pelecypoda: Kelas Filum Mollusca Menurut Bentuk Dan Alat Gerak - Berdasarkan sifat kakinya yang berbentuk pipih, kelas ini disebut Pelecypoda (hewan berkaki pipih). Berdasarkan sifat insangnya yang tersusun atas lempeng - lempeng (lamel), kelas ini disebut Lamellibranchiata (hewan berinsang lempengan).

Pelecypoda: Kelas Filum Molusca Menurut Bentuk Dan Alat Gerak

Ada satu nama lagi yang diberikan berdasarkan cangkangya yang berjumlah dua buah, yaitu Bivalvia (hewan bercangkang dua). Dari semua nama tertera di atas, dapat diketahui bahwa hewan yang termasuk kelas ini mempunyai dua buah cangkang. 

Lamellibranchiata mempunyai tubuh simetris bilateral; hidupnya di air laut dan di air tawar, pada dasar laut, danau, kolam atau sungai yang airnya banyak mengandung zat kapur. Zat kapur diperlukan hewan ini untuk membuat cangkangnya. 

Bentuk tubuhnya yang pipih mempunyai dua cangkang yang agak pipih juga. Kedua cangkang itu berlekatan pada suatu tempat dan membentuk semacam engsel. Tempat pertemuan kedua cangkang itu merupakan bagian dorsal. Kaki dapat dijulurkan ke arah yang dianggap arah interior. 

Dekat ujung anterior engsel terdapat daerah yang membesar sebagai akibat cangkang menggembung di tempat itu; itulah yang disebut umbo. 

Cangkang itu tersusun dari tiga lapisan berturut - turut dari luar ke dalam adalah:

a. Periostrakum yang tipis berwarna gelap; sering disebut lapisan tanduk.
b. Lapisan prismatik yang tebal, terdiri dari kristal - kristal kalsium karbonat berbentuk prisma.
c. Lapisan Nakreas yang sering disebut lapisan mutiara; tersusun dari kalsium karbonat, tetapi tidak sama dengan yang terdapat pada lapisan prismatik. 

Di bawah cangkang terdapat bagian posterior; mantel ini menebal dan membentuk dua lubang yang dibawah dipergunakan untuk air masuk, sedangkan lubang yang pada bagian atas untuk air keluar. 

Pada bagian tengahnya terdapat tubuh yang mengandung alat - alat dalam. Pada bagian ventral terdapat kaki. Di antara mantel dan bagian yang mengandung alat - alat dalam terdapat insang -insangnya. Mulut terdapadat pada bagian anterior dekat dengan otot aduktor depan. 

Pernapasan dilakukan dengan insang yang mengambil oksigen dari air yang melewatinya. Sistem peredaran darah terdiri dari alat - alat yang sudah agak lengkap. Jantung memberikan darah kepada aorta anterior dan menerima darah dari aorta posterior. 

Pembuluh - pembuluh darah bersifat terbuka; ini berarti bahwa dari pembuluh itu darah dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh begitu saja. 

Sistem pencernaan makanan terdiri dari mulut, kerongkongan yang pendek, lambung yang agak besar (letaknya pada atas sebelah belakang mulut), usus yang berkelok - kelok yang akhirnya bermuara pada anus yang terdapat di daerah lubang untuk keluarnya air. Yang menarik perhatian adalah bahwa usus bagian belakang menembus jantung. 

Sistem saraf terdiri dari tiga pasang ganglion, yaitu;
a. Ganglion anterior; terdapat di sebelah ventral lambung
b. Ganglion Pedal; terdapat pada kaki
c. Ganglion posterior terdapat di sebelah ventral otot aduktor posterior. 

Ketiga macam ganglion ini mempunyai hubungan. Alat - alat indera tidak berkembang dengan baik. 

Banyak jenis yang termasuk ke dalam Lamellibranchiata ini, ada yang hidup di air tawar dan banyak yang hidup di laut. Yang terkenal misalnya, tiram mutiara yang dapat menghasilkan mutiara.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel