Peran Filum Mollusca Bagi Kehidupan Manusia

Peran Filum Mollusca Bagi Kehidupan Manusia - Mollusca mempunyai arti ekonomi yang cukup penting bagi manusia, baik sebagai sumber makanan maupun sebagai sumber bahan industri yang bersangkutan dengan cangkangnya. Tidak dapat diabaikan pula kerugian yang ditimbulkan oleh jenis - jenis tertentu terhadap tanaman budidaya. 

Mutiara merupakan perhiasan yang mahal. Secara Alam, mutiara dihasilkan oleh tiram mutiara karena terganggu oleh benda asing seperti pasir atau larva cacing parasit yang menyelinap diantara cangkang dengan mantelnya. 

Kenyataan ini memungkinkan orang mengusahakan mutiara buatan, yaitu dengan sengaja memasukan benda asing ke dalam tubuh mutiara, di antara cangkang dan mantelnya. Mutiara buatan ini telah menjadi bahan perdagangan secara besar - besaran, terutama di Jepang. 

Bagi orang awam sulit untuk membedakan mutiara buatan dari yang asli, yang terjadi secara alam. Dengan menggunakan sinar X dapat ditunjukan bahwa mutiara asli mempunyai lapisan nakreas yang tebal, sedangkan mutiara buatan mempunyai lapisan nakreas yang tipis dengan inti besar serta bulat. 

Cangkang kerang pernah mempunyai peranan penting bagi perusahaan - perusahaan kancaing baju. Sekarang kurang penting karena terdesak oleh bahan dari plastik. 

Beberapa jenis molluska merugikan manusia, dengan menyerang kerang - kerang piaraan dan menggerek kayu (Teredo Navalis). Angkatan laut Amerika harus mengeluarkan uang kira $ 50,000,000, - setiap tahun untuk mengganti bangunan - bangunan yang rusak karena Toredo.

Jenis Moluska: Peran Filum Mollusca Bagi Kehidupan Manusia
Teredo Navalis

Achatina Fulica (bekicot) merusak berbagai jenis tanaman budidaya, antara lain sayuran. Kini mulai di budidayakan untuk ekspor ke luar negeri (Perancis) sebagai bahan makanan yang tinggi nilai proteinya. 

Cangkang Moluska banyak yang dimanfaatkan untuk hiasan meja, mainan kanak - kanak, tempat abu rokok dan sebagainya. Di pantai - pantai yang banyak dikunjungi wisatawab selalu dijumpai pedagang - pedagang yang menjajakan berbagai macam cangkang Gastropoda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel