Domestikasi atau Mekanisme Evolusi

Domestikasi atau Mekanisme Evolusi - Manusia mula - mula hidup dari bahan - bahan makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan yang dikumpulkan dari alam secara langsung. Pada saat itu manusia tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap. 

Setelah mempunyai tempat  tinggal yang tetap, manusia berusaha memelihara ternak dan menanam tumbuhan yang dapat menghasilkan bahan - bahan yang diperlukan. 

Usaha semacam ini dalam biologi dikenal dengan istilah domestikasi, yaitu menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budaya dari tumbuhan yang semula hidup liar pula. 

Domestikasi pada hakekatnya memindahkan makhluk - makhluk dari lingkungan aslinya ke suatu lingkungan baru yang diciptakan manusia. 
Domestikasi atau Mekanisme Evolusi

Tidak mengherankan bahwa domestikasi berakibat timbulnya jenis - jenis hewan dan tumbuhan yang menyimpang dari aslinya, yang berarti suatu langkah ke arah bentuknya spesies baru pula. 

Jadi domestikasi dapat pula dianggap sebagai suatu mekanisme evolusi. 
Dalam usahanya untuk mempertinggi produksi hewan dan tumbuhan yang telah didomestikasikan itu manusia juga mengetrapkan pengetahuan yang erat hubunganya dengan masalah evolusi, seperti: pembastran, seleksi dan sebagainya. 

Sampai sekarang manusia masih berusaha untuk memanfaatkan jenis - jenis hewan dan tumbuhan liar, tidak untuk didomestikan menurut arti seperti uraian di atas, akan tetapi sebagai sumber - sumber gen yang baru yang digunakan untuk menaikan mutu jenis - jenis hewan ternak dan tanaman budaya yang telah diperoleh hingga sekarang. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel