Hipotesa Bernstein: Golongan Darah

Hipotesa Bernstein: Golongan Darah - Macam golongan darah ditentukan ada atau tidak adanya  antigen - antibodi dalam darah seseorang. Sifat ini dipengaruhi oleh pasangan - pasangan alela ganda. Baca Interaksi Beberapa Pasang Alela.

Bagaimana caranya? marilah kita ikuti hipotesa yang dikemukakan oleh Bernstein dari Jerman dan Furuhata dari Jepang. Mereka mengemukakan bahwa hanya sepasang gen pada tiap individu yang bertanggung jawab akan golongan darahnya, dan ada tiga macam alela yang mungkin dimiliki seseorang. 

Gen A menghasilkan antigen A, gen B menghasilkan antigen B dan gen O tidak menghasilkan antigen. Teori ini dipandang telah memuaskan, kecuali bahwa gen O mungkin juga menghasilkan zat O. Berdasarkan ini individu O genotipnya adalah OO, individu A bergenotip AA atau AQ, Individu B bergenotip BB atau BO dan individu AB bergenotip AB. 

Golongan A dan B bersifat dominan sedangkan O resesif. Perumusan ini dapat menjelaskan semua peristiwa pewarisan golongan darah. 

Sebagai contoh, ibu bapak yang bergolongan darah AB keduanya, dapat menurunkan individu - individu yang bergolongan A,B dan AB. 

Hipotesa Bernstein: Golongan Darah

Berbagai kemungkinan keturunan golongan darah dari pasangan - pasangan suami istri. 
Beberapa ahli genetika mengajukan perumusan golongan darah hendaknya diberi bersimbol sebagai berikut: 

Hipotesa Bernstein: Golongan Darah

Kita dapat memilih yang pertama ataupun yang disebut terakhir ini.




Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel