Homologi Alat - Alat Tubuh Pada Berbagai Jenis Makhluk Hidup

Homologi Alat - Alat Tubuh Pada Berbagai Jenis Makhluk Hidup - Telah dikemukakan bahwa semu makhluk hidup mempunyai unsur - unsur persamaan, misalnya semua sel makhluk hidup mempunyai protoplasma.

Apabila setiap jenis hewan diciptakan secara terpisah, artinya sama sekali tidak ada perkerabatanya, sudah tentu setiap jenis hewan akan berbeda sama sekali, tidak ada unsur - unsur yang menunjukan adanya suatu persamaan. 

Tetapai ternyata, bahwa berbagai macam makhluk hidup yang kelihatanya sangat berbeda itu masih menunjukan banyak unsur - unsur persamaan di samping adanya protoplasma di dalam selnya. 

Petunjuk tentang adanya evolusi juga dapat dipelajari dari studi mengenai struktur organ berbagai makhluk hidup yang ada persamaanya. Kita ambil saja sebagai contoh, yaitu anggota tubuh dari berbagai macam hewan.

Homologi Alat - Alat Tubuh Pada Berbagai Jenis Makhluk Hidup

Anggota depan binatang kadal dipergunakan untuk berjalan, sedangkan pada burung digunakan untuk terbang. 

Menurut anatomi perbandingan kedua alat itu berasal dari bentuk asal yang sama. Karena arah evolusi kedua binatang itu berbeda, terjadilah perubahan - perubahan adaptif yang berbeda pula, sehingga fungsi kedua organ itu menjadi berbeda.


Organ - organ berbagai makhluk hidup yang mempunyai bentuk asal sama, dan kemudian berubah struktur sehingga fungsinya berbeda, kedua organ itu disebut homolog. Sebaliknya dua alat tubuh yang sama fungsinya dikatakan analog satu dengan lain tanpa mengingat bentuk asalnya. 

Telah diterangkan bahwa studi anatomi berbandingan memungkinkan kita untuk memperoleh petunjuk tentang ada atau tidaknya evolusi. Marilah kita ambil sebagai contoh tulang - tulang anggota tubuh bagian depan dari beberapa vertebrata. 

Gambar - gambar menunjukan tulang anggota tubuh bagian depan. Organ - organ ini berasal dari bentuk primitif yang sama, tetapi kemudian menjadi berbeda disesuaikan dengan fungsinya. 

Ular, hewan yang tidak berkaki itu, jika kita selidiki ternyata pada pangkal bagian tubuhnya memperlihatkan adanya sisa - sisa anggota tubuh. Hilangnya anggota tubuh ular, mungkin karena tidak dipergunakan untuk menjalankan fungsinya hingga akhirnya menyusut. 

Jika kita bandingkan tulang - tulang anggota tubuh sebelah depan mulai dari ikan, kadal, katak dan burung hingga manusia, tampak adanya perubahan - perubahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel