Klasifikasi Atau Pengelompokan Kelas Insecta (Serangga)

Klasifikasi atau Pengelompokan Kelas Insecta (Serangga) - Klasifikasi Insecta merupakan hal yang belum memperoleh kesepakatan mutlak dari para ahli ilmu hewan. Ilmu yang khusus mempelajari Insecta disebut Entomologi.

Ilmu ini selalu berkembang. Ahli - ahli Entomologi membagi kelas ini menjadi 25 bangsa yang hidup pada masa sekarang, yang ditambah dengan belasan bangsa lagi yang telah punah. Angka - angka di atas dapat berubah - ubah sesuai dengan selera serta pendapat baru para ahli. 

Klasifikasi Atau Pengelompokan Kelas Insecta (Serangga)

Secara alam, Insecta dapat dibagi menjadi dua sub kelas, yakni Apterygota yang meliputi semua Insecta yang tidak bersayap, dan Pterygota yang meliputi serangga yang bersayap.
Pterygota dapat dibagi - bagi menjadi Exopterygota (sayapnya merupakan tonjolan luar dinding tubuh dan senantiasa bertambah meluas setiap kali berganti kulit; metamorfosisnya tidak sempurna ; contoh cengekerik); dan Endopterygota (sayap mulai tampak pada tingkat pupa dan sekonyong - konyong menjadi sempurna pada tingkat dewa; metamorfosis sempurna; contoh kupu - kupu); masing - masing terdiri dari beberapa bangsa. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel