Teori Kromosom Dan Gen Eksperimen Penyilangan Resiprok

Teori Kromosom Dan Gen Eksperimen Penyilangan Resiprok - Para ahli biologi yakin akan prinsip-prinsip yang dirumuskan Mendel bahwa sifat-sifat menurun dikuasai dan dikendalikan oleh faktor-faktor genetika yang berasal dari induk. Garnet dari masing - masing induk memberikan saham faktor keturunan yang sama. Hal ini mudah ditunjukkan bila diadakan penyilangan resiprok, artinya penyilangan di mana asal gamet jantan dan gamet betina dipertukarkan.

Penyilangan resiprok pada'tanaman. 

Teori Kromosom Dan Gen Eksperimen Penyilangan Resiprok

I. Tanaman a diserbuki tanaman A;
II. Sebagai resiprok tanaman A di, serbuki tanaman a.

Pada hewan dapat dirumuskan sebagai berikut:

Teori Kromosom Dan Gen Eksperimen Penyilangan Resiprok

ini berarti bahwa tidaklah menjadi soal, individu yang mana yang membuahi dan yang mana dibuahi pada peristiwa fertilisasi. Penyilangan resiprok dapat pula digunakan untuk pembuktian ada nya faktor-faktor dominan dan resesif. Pada gambar 36-1 hasil penyilangan I maupun II adalah hibrida yang berumus Aa, dimana fenotipnya adalah sama, yaitu A.

Faktor-faktor keturunan harus terdapat dalam gamet itu, karena inti-inti inilah yang baik pertumbuhannya, inti sperma maupun inti ovum.

Di kelas satu sudah dibicarakan bahwa pada pembentukan gamet terjadi pembelahan reduksi, dimana setiap induk mewariskan seperangkat n kromosom (haploid). Dan seperangkat kromosom yang berasal dari induk jantan dan induk betina, bersatu dalam fertilisasi serta membentuk individu baru. Dengan jalan pemikiran ini, diduga faktor-faktor keturunan itu diwariskan melalui kromosom ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel