Sel Pembangun Tubuh Makhluk Hidup

Sel Pembangun Tubuh Makhluk Hidup - Makhluk hidup ada yang berbentuk sel tunggal ada yang berbentuk koloni sel - sel dan ada pula yang tubuhnya dibangun oleh banyak sel. Semua sel terbentuk dari protoplasma.
Dari kenyataan tersebut kita melihat betapa pentingya sel itu. Para ahli biologi sekarang banyak yang memusatkan perhatianya kepada sel, karena hampir semua proses kehidupan dan kegiatan - kegiatan yang ditunjukan oleh makhluk hidup dapat diselidiki dengan mempelajari struktur dan fungsi sel. 

Pada masa - masa yang lampau para ahli biologi kurang menyadari pentingnya sel, karena pada waktu itu belum banyak alat dan cara efektif untuk mempelajari sel. 

Sel Pembangun Tubuh Makhluk Hidup
Skala penglihatan mata manusia sangat terbatas; suatu benda yang berukuran kurang dari 100 mikron sangat sukar diamati dengan mata bugil, pada hal ukuran sel berkisar di antara 5 - 15 mikron. 

Robert Hooke (1635-1703) dengan mikroskop buatanya dapat melihat bentuk sel berukuran kecil itu. Ia memeriksa sayatan gabus yang amat tipis dengan mikroskopnya. 

Gambaran sayatan gabus yang dilaporkan oleh Robert Hooke membuka sejarah baru dalam pengetahuan biologi. Pada gambaran mikroskospis sayatan gabus itu terlihat bahwa gabus sebagai bagian tumbuhan tersusun oleh petak - petak kecil. Petak - petak kecil itu dalam bahasa sehari - hari disebut sel, seperti sel penjara sel- sel pada sarang lebah dan sebagainya. 

Sejak saat itu timbulah berbagai pendapat yang semuanya mengungkapkan fungsi sel. Pendapat itu dikenal sebagai "Teori Sel".
Demikian Sel Pembangun Tubuh Makhluk Hidup semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel