Manfaat Dan Sifat Giberelin Bagi Komoditas Komersial

Manfaat  Dan Sifat Giberelin Bagi Komoditas Komersial  - Giberelin ditemukan oleh seorang ahli penyakit tanaman bangsa Jepang yang bernama E. Kurosawa tahun 1926. Dari sejenis jamur, yaitu Giberella fujikuroi atau Fusatium moniliforme yang dapat menimbulkan foolish seedling disesae, penyebab pertumbuhan memanjang yang luar biasa pada tanaman padi. 

Manfaat Dan Sifat Giberelin Bagi Komoditas Komersial

Tahun 1930, ahli bangsa Jepang lainya dapat mengekstraksi senyawa aktif yang terdapat didalam jamur tersebut dan diberi nama giberelin. Terhadap batang dan daun, giberelin bekerja seperti auksin, yaitu dapat merangsang pembelahan dan pemanjangan sel tetapi tidak pada akar. Giberelin dapat dimanfaatkan sebagai komoditas komersial, misalnya penyemprotan terhadap tanaman anggur dapat menghasilkan buah yang lebih besar. 

Sifat giberelin :
  • Mempengaruhi pemanjangan dan pembelahan sel. Pemberian giberelin pada tumbuhan kerdil dapat menyebabkan tumbuhan tumbuh normal kembali, sedangkan pemberian giberelin pada tumbuhan yang normal dapat mempercepat tumbuhan. 
  • Mempengaruhi perkembangan embrio dan kecambah, yaitu merangsang lapisan butir - butir aleuron untuk menyintesis amilase. 
  • Menghambat pembentukan biji, merangsang pertumbuhan saluran polen, memperbesar ukuran buah, merangsang perbungaan, serta menghambat dormansi dalam biji dan kuncup tunas. 
Demikian Manfaat Dan Sifat Giberelin Bagi Komoditas Komersial, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel