Sitoplasma Struktur Bagian - Bagian Sel Dan Fungsi

Sitoplasma Struktur Bagian - Bagian Sel Dan Fungsi  - Isi sel selain nukleus (inti), adalah sitoplasma. Sitoplasma yang di dalam nukleus disebut nukleoplasma. Ke arah luar, berbatasan dengan membran sel disebut ektoplasma pada tumbuhan, sedang pada hewan ektoplasma inilah yang merupakan selaput plasma atau membran sel.

Lapisan sebelah dalam sitoplasma disebut endoplasma. Ektoplasma tampak lebih jernih, padat dan pada tumbuhan mengandung sedikit  butir - butir zat warna atau plastisida dibanding dengan endoplasma. Pada hewan tidak ada hewan plastida ini.


Sitoplasma terdiri atas bahan dasar cair yang mengandung benda  - benda lain. Bahan dasar ini disebut sitosol, merupakan bagian larut dari sitoplasma dan mengisi ruang - ruang antara organel - organel.

Sitosol terdiri atas 90% air dan membentuk larutan yang mengandung  seluruh bahan biokimia yang pokok untuk kehidupan. Beberapa di antaranya adalah ion - ion dan molekul - molekul kecil yang membentuk larutan seperti larutan garam, gula, asam amino, asam lemak, nukleotida, vitamin dan gas - gas yang terlarut. Lainya adalah molekul - molekul besar yang membentuk larutan koloid terutama protein dan RNA.

Larutan koloid ini mungkin dalam fase gel atau fase sol. Sitoplasma sebelah luar lebih merupakan gel seperti halnya pada ameba.

Di samping bertindak sebagai gudang bahan kimia yang vital, bahan dasar ini merupakan lintasan metabolisme tertentu; contoh penting adalah glikolisis atau pemcehan glukosa.

Sintesis asam lemak, nukleotida dan beberapa asam amino juga terjadi di sini. Bila kita mengamati sel hidup atau bukan sediaan kering, kegiatan dalam sitoplasma dapat terlihat seperti gerakan beberapa organel dan aliran sitoplasma, hal ini terutama terlihat pada sel - sel muda.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel