Metode Ilmiah dan Bekerja Ilmiah - Biologi

Metode Ilmiah dan bekerja Ilmiah - Biologi - Berpikir cerdas merupakan kemampuan manusia yang memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan makhluk lain, sehingga manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang diketahuinya serta dengan melalui kecerdasan tersebut manusia selalu berkeinginan untuk selalu tahu.

Melalui metode ilmiah merupakan sifat dari keingintahuan manusia dan dapat berkembang melalui tahapan sistematis dari yang telah ditentukan. Selain itu, juga dengan melalui metode ilmiah akan mampu untuk mengarah pola pikir logis, analitis serta empiris atau sesuai dengan kenyataan dengan menggunakan analisis.
Metode Ilmiah dan bekerja Ilmiah - biologi
Kebenaran akan bersifat obyektif dari adanya sifat empiris yang menyebabkan kebenaran tersebut. Obyek yang dipandang itu sama yang merupakan kebenaran yang melekat pada obyek. 

Para ahli biologi dalam memecahkan masalah adalah merupakan langkah yang sesuai dengan metode ilmiah. Hal tersebut merupakan langkah dari para ahli biologi, sehingga secara garis besar langkah tersebut antara lain :

- Sebuah perumusan masalah 
- Penyusunan kerangka berfikir atau landasan teori
- Perumusan hipotesis
- Pengujian hipotesis
- Pengambilan kesimpulan

Perumusan Masalah

Ketertarikan manusia merupakan awal dari perumusan masalah, dengan perumusan masalah yang dimulai dari terhadap hal- hal tertentu yang menarik serta menjadi perhatianya. Perumusan masalah merupakan sebuah langkah serta untuk mengetahui masalah yang akan dipecahkan dan memiliki jelas batasan, kedudukan serta alternatif dan cara untuk pemecahanya.

Penyusunan Kerangka berpikir

Kerangka berfikir merupakan alasan yang menjelaskan antara keterkaitan antara berbagi faktor dengan objek serta jawaban dari terhadap suatu permasalahan dan kerangka berfikir disusun secara rasional dengan berdasarkan penemuan yang telah teruji kebenaran.

Sedangkan dalam menyusun kerangka berpikir juga diperlukan suatu kemauan yang digunakan untuk mempelajari laporan hasil dari penelitian orang lain, membaca referensi, observasi langsung yang terdapat pada lingkungan atau hasil dari wawancara dengan para ahli.

Hipotesis
Pada tahap hipotesis berfungsi atau sebagai jawaban sementara terhadap permasalahan yang timbul berdasarkan kesimpulan kerangka berpikir.

Pengujian hipotesis
Data yang dihasilkan dari melakukan percobaan kemudian dianalisis yang berfungsi untuk membuktikan apakah terdapat fakta yang mendukung hipotesis. Pengujian hipotesis juga dilakukan dengan eksperimen atau percobaan.

Penarikan Kesimpulan

Pada penarikan kesimpulan merupakan sebuah evaluasi dari terhadap sebuah hipotesis yang dirumuskan, apakah hipotesis diterima atau ditolak. Berikut ini contoh urutan metode ilmiah dan penerapan seperti berikut :
  1. Rumusan Masalah ---> Warna kuning telur itik tersebut dipengaruhi oleh jenis makanan?
  2. Kerangka Berpikir ---> Pengembangan secara logis dari berbagai informasi yang diperoleh juga dilakukan analitis dan sintesis dari warna kuning telur ditentukan oleh jenis makanan.
  3. Rumusan hipotesis ---> warna kuning telur pada itik dipengaruhi jenis makanan.
  4. Pengujian Hipotesis ----> Percobaan pemberian makanan yang berbeda untuk makanan itik, dan setelah semua itik bertelur warna kuning warna kuning berbeda konsentrasinya.
  5. Kesimpulan ----> konsentrasi warna kuning telur dipengaruhi jenis makanan. 
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel