Jantung Manusia Beserta Bagian Dan Lapisanya

Jantung Manusia Beserta Bagian Dan Lapisanya - Jantung manusia tersusun atas otot jantung yang bekerja diluar kendali sistem saraf pusat. Kontraksi jantung yang terasa bagai detak jantung, tidak pernah berhenti atau istirahat dalam kerjanya.

Fungsi utama jantung adalah menerima dan memompa darah dari dan keseluruh tubuh. Hampir 8000 ribu liter darah dipompakan tiap hari dari jantung. Setiap hari jantung berdenyut sebanyak kurang lebih 100.000 kali. Letak jantung di dalam rongga dada, tepatnya dibelakang tulang dada sehingga jantung terlindung benturan dari luar.

Ukuran jantung manusia besarnya sekitar kepalan tangan, dengan panjang 12 cm, lebar 9 cm dan tebal 6 cm. Rata- rata berat jantung lebih kurang 300 gram pada pria dan 250 gram pada wanita.

Dalam posisi berdiri, bagian atas jantung dinamakan dasar (base) sedangkan bagian bawah jantung dinamakan apeks (apex). Jantung dibungkus oleh suatu selaput yang dinamakan, perikardium.
Jantung Manusia Beserta Bagian Dan Lapisanya

Lapisan ini terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan sebelah dalam dan sebelah luar, antara lain : 
  • Lapisan sebelah dalam atau perikardium viseral melekat langsung pada otot jantung dan dikenal dengan istilah epikardium.
  • Lapisan sebelah luar disebut perikardium lateral. 
Antara kedua lapisan kardium terisi oleh suatu cairan yang dinamakan cairan perikardium. Jantung memiliki dinding yang terdiri atas tiga lapisan. Ketiga lapisan tersebut adalah epikardium, miokardium dan endokardium.
  • Epikardium yang merupakan lapisan terluar tersusun atas jaringan ikat.
  • Miokardium merupakan lapisan otot jantung yang tersusun secara konsentris pada atrium dan spiral pada ventrikel.
  • Endokardium merupakan lapisan terdalam dinding jantung dan merupakan lapisan endotelium yang melapisi rongga atau ruangan jantung.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel