Jaringan Darah Dan Jenis Jaringan Ikat Penyokong

Jaringan Darah Dan Jenis Jaringan Ikat Penyokong - Darah dan limfe merupakan jaringan ikat yang mengandung bermacam - macam sel di dalam suatu matriks larutan. Selain mengandung berbagai macam sel, di dalam darah dan limfe juga mengandung protein - protein terlarut yang tidak membentuk serabut dalam keadaan normal.

Darah tersusun atas plasma darah dan sel - sel darah. Plasma adalah komponen darah berbentuk berbentuk cair yang di dalamnya mengandung berbagai macam protein, asam amino, peptida, asam lemak, vitamin, mineral dan hormon.

Di dalam plasma darah juga terdapat sel - sel darah yang terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). Seperti yang tampak pada gambar.

Jaringan Darah Dan Jenis Jaringan Ikat Penyokong
Limfa adalah cairan interstisial yang terdapat di dalam pembuluh limfa dan mempunyai peranan dalam sistem kekebalan tubuh. Pembuluh ini merupakan pembuluh buntu yang bermuara pada pembuluh darah vena yang menuju jantung.

Jaringan Ikat Penyokong
Jaringan ikat penyokong terdiri atas jaringan tulang rawan dan jaringan tulang keras. Keduanya berfungsi sebagai penyokong tubuh. Matriksnya mengandung serabut - serabut dan menyimpan garam- garam kalsium terlarut.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel