Sel Darah Merah ( Darah Dan Komposisi Darah Tubuh)

Sel Darah Merah ( Darah Dan Komposisi Darah Tubuh) - Elemen berbentuk (formed element) di dalam darah, jumlah yang terbanyak di dominasi oleh sel darah merah atau eritrosit sebanyak 99,9%, sedangkan sisanya, yaitu leukosit dan trombosit sebanyak 0,1%.

Proses pembentukan sel darah dinamakan "Hemopoiesis" atau "hematopoiesis". Pada embrio manusia proses ini dimulai berlangsung sejak berumur tiga minggu dalam perkembangan embrio. Pada umur tiga minggu dalam perkembangan embrio.
Sedangkan pada umur delapan minggu, sel - sel embrionik darah memasuki pembuluh darah dan masuk ke dalam hati, limpa, timus dan sumsum tulang. 
Sel ini selanjutnya akan berdiferensiasi menjadi sel induk untuk menghasilkan sel darah. Hati dan limpa merupakan organ pembentuk sel darah yang utama sejak embrio berumur lima bulan. Selanjutnya sel darah akan dibentuk di dalam sumsum tulang seiring dengan pertumbuhan tulang pada embrio.

Sel Darah Merah (eritrosit)
Sel darah merah berbentuk cakram "bikonkaf" (Cekung bagian tengah). Rata- rata berdiameter 7,8 µm dengan rata- rata ketebalan bagian tepi 2,6 µm dan rata- rata bagian tengah 0,8µm.

Sel darah merah sangat fleksibel dan dapat berubah bentuk sehingga dapat melewati pembuluh darah kapiler yang berdiameter 4µm. Jumlah sel darah merah pada pria dewasa sekitar 4,5 - 6,3 juta dan pada wanita 4,2- 5,5 juta.

Sel Darah Merah ( Darah Dan Komposisi Darah Tubuh)

Sel darah merah manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor antar lain: umur dan waktu dalam hari, ketinggian tempat, gerak badan, emosi dan suhu lingkungan. Umur sel darah merah relatif pendek yaitu, 120 hari sejak mulai beredar dalam pembuluh darah.

Komponen sel darah merah adalah "hemoglobin" (Hb) yang merupakan kompleks protein yang menempati hampir 95% dari isi sel. Hemoglobin tersusun atas molekul heme dan globin. 

Heme merupakan bagian hemoglobin yang mengandung zat besi (Fe), sedangkan globin adalah protein komponen penyusun Hb. Fungsi utama Hb adalah mengikat dan melepaskan gas - gas yang terlibat dalam proses respirasi.

Jumlah Hb bervariasi menurut jenis hewan dan kelamin. Pada pria normal, jumlah Hb berkisar antara 14- 18 gram per 100 ml darah. Pada wanita normal, jumlah Hb berkisar antara 12 - 15,5 gram ml per 100 ml darah.

Pada bayi, jumlah Hb sekitar 23 gram per 100 ml darah. Hemoglobin dapat ditentukan jumlahnya menggunakan metode hematin asam dan metode kimia. Pada metode kimia, penentuan Hb didasarkan pada kandungan ion Fe dalam sejumlah darah.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel