Komposisi Darah Dan Plasma Darah (Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dan Hewan)

Komposisi Darah Dan Plasma Darah (Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dan Hewan) - Komposisi darah, Darah terdiri dari atas dua bagian, yaitu sel darah atau butir- butir darah dan cairan darah atau plasma darah. Sel - sel darah merupakan bagian darah yang mempunyai bentuk (formed elements) dan berjumlah sekitar 45% dari jumlah total darah.
Ada tiga sel darah, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). Komposisi darah dapat anda lihat seperti yang tampak pada gambar. 

Komposisi Darah Dan Plasma Darah (Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dan Hewan)
Sebanyak 55% dari komponen darah adalah plasma darah. Komposisi plasma darah meliputi air sebanyak 90%, protein plasma 8% dan substansi terlarut lainya sebanyak 2%. Berikut ini Beberapa macam protein yang terdapat di dalam plasma darah beserta fungsinya.

Nama protein
Albumin berfungsi mempertahankan tekanan osmotik darah, transpor lipid, steroid dan hormon. Prosentase 60%.

- Glubolin berfungsi Transpor ion, hormon, lipid dan fungsi imun, prosentase 35%.
- Fibrinogen adalah komponen penting di dalam proses pembekuan darah.
- Enzim dan Proenzim mengatalisis setiap reaksi kimia di dalam tubuh.
- Hormon berfungsi untuk merangsang atau menghambat proses metabolisme di dalam tubuh.

Dari Mana Protein plasma berasal? Dan Apa yang terjadi bila organ yang bertanggung jawab dalam produksi protein plasma ini mengalami kelainan?. 

Hampir 90% protein plasma yang ada di dalam darah diproduksi dan dilepaskan oleh hati. Protein tersebut meliputi albumin, fibrinogen, globulin dan beberapa macam prohormon.

Protein- protein yang berperan sebagai antibodi diproduksi oleh sel plasma (plasma cells), sedangkan hormon - hormon di dalam bentuk peptida diproduksi oleh organ endokrin.

Hati merupakan organ utama yang berperan di dalam menyuplai protein plasma sehingga apabila organ hati mengalami kelainan maka dapat menyebabkan perubahan pada komposisi dan fungsi darah. Misalnya, terjadinya pendarahan yang sulit berhenti karena darah sulit membeku yang disebabkan oleh terganggunya produksi fibrinogen di dalam sel hati.

Selain protein dan hormon, di dalam darah juga terdapat substansi terlarut lainya. Jenis- jenis substansi terlarut di dalam plasma darah selain protein dan hormon antara lain :

Jenis Substansi dan Fungsinya :
Elektrolit dalam komposisi yang normal di dalam cairan eksraseluler, elektrolit sangat penting untuk aktivitas sel. Berperan dalam mempertahankan tekanan osmotik cairan tubuh.
Senyawa organik dapat digunakan untuk produksi ATP, pertumbuhan dan memelihara sel.
Senyawa sampah metabolisme dibawa ketempat penguraian atau ekskresi.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel