Pengangkutan Ekstravaskuler Apoplas Dan Simplas

Pengangkutan Ekstravaskuler Apoplas Dan Simplas - Pengangkutan air dan garam mineral secara ekstravaskuler dilakukan melalui difusi dan osmosis. Konsentrasi air dalam tanah lebih tinggi dari sel - sel akar sehingga air akan masuk melalui sel epidermis akar. Selanjutnya air akan bergerak menuju sel - sel korteks untuk memasuki silinder pusat akar.

Pengangkutan air dan mineral yang diserap oleh akar dari sel - sel bagian luar ke sel - sel bagian dalam merupakan pengangkutan jarak dekat. Pengangkutan ini berlangsung secara horizontal disepanjang sumbu radial organ tumbuhan tersebut.

Dalam perjalanan menuju silinder pusat, air harus melewati sitoplasma dan sel- sel endodermis. Setelah sampai disilinder pusat atau stele, air akan bergerak secara bebas diantara ruang antarsel. 

Pengangkutan air dan mineral dari dalam tanah diluar berkas pembuluh ini dilakukan melalui dua mekanisme, yaitu apoplas dan simplas, Pengangkutan secara apoplas dan simplas seperti yang tampak pada gambar.




Pengangkutan Ekstravaskuler Apoplas Dan Simplas

Pengangkutan Apoplas

Pengangkutan sepanjang jalur ekstraseluler yang terdiri atas bagian tak hidup dari akar tumbuhan, yaitu dinding sel dan ruang antarsel. 

Air masuk dengan cara difusi, aliran air secara apoplas tidak dapat terus mencapai xilem karena terhalang oleh lapisan endodermis yang memiliki penebalan dinding sel dari suberin dan lignin yang dikenal sebagai pita kaspari. Dengan demikian, pengangkutan air secara apoplas pada bagian korteks dan stele secara terpisah.

Pengangkutan Simplas

Pada pengangkutan ini, setelah masuk kedalam sel epidermis bulu akar, air dan mineral yang terlarut bergerak dalam sitoplasma dan vakuola. kemudian air dan mineral bergerak dari satu sel ke sel yang lain melalui plasmadesmata.

Sistem pengangkutan ini menyebabkan air dapat mencapai bagian silinder pusat. Adapun lintasan aliran air pada pengangkutan simplas adalah sel- sel korteks, endodermis, perisikel dan xilem. Dari sini, air dan garam mineral siap diangkut ke atas menuju batang dan daun.

Pengangkutan melalui berkas pengangkut atau pengangkutan Intravaskular

Setelah melewati sel- sel akar, air dan mineral yang terlarut akan masuk ke pembuluh kayu atau xilem dan selanjutnya terjadi pengangkutan secara vertikal dari akar menuju batang sampai ke daun.

Pembuluh kayu disusum oleh beberapa jenis sel, namun bagian yang berperan penting dalam pengangkutan air dan mineral adalah sel- sel trakea. Bagian ujung sel trakea terbuka membentuk pipa kapiler.

Struktur jaringan xilem seperti pipa kapiler ini terjadi karena sel- sel penyusun jaringan tersebut mengalami fusi atau penggabungan. Air bergerak dari sel trakea satu ke sel trakea yang diatasnya mengikuti prinsip kapilaritas dan kohesi air di dalam sel trakea xilem.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel