Sistem Otot Dan Fungsi Otot Rangka Manusia

Sistem Otot Dan Fungsi Otot Rangka Manusia - Sistem otot didalam tubuh terdapat tiga jenis otot yang menurut fungsi dan strukturalnya berbeda, yaitu otot jantung, otot polos dan otot rangka. Salah satu ciri utama jaringan otot yang berhubungan dengan gerak adalah kemampuanya untuk berkontraksi (berkerut) dan relaksasi (mengendur). Otot yang memiliki peranan utama dalam sistem gerak ini adalah otot rangka.

Otot rangka adalah otot yang melekat pada rangka tubuh. Kerja otot rangka dikendalikan oleh sistem saraf pusat. Kontraksi otot rangka memungkinkan adanya aksi yang disengaja, misalnya berlari, berenang, bermain bola, mengerjakan alat- alat dan sebagainya.


Otot rangka juga mengandung jaringan ikat, jaringan saraf dan pembuluh darah. Otot rangka pada tubuh kita memiliki empat fungsi utama. Keempat fungsi otot tersebut adalah sebagai berikut ;
  • Menggerakan rangka, yaitu kontraksi dan relaksasi otot yang menempel pada rangka dapat menggerakan rangka.
  • Mempertahankan postur dan posisi tubuh, misalnya mempertahankan postur dan posisi kepala saat sedang membaca buku dan berjalan dengan posisi tegak.
  • Menyokong jaringan lunak, misalnya dinding abdominal (rongga perut) dan rongga pelvis (daerah panggul) yang berfungsi menopang organ viseral (organ dalam) tersusun atas otot rangka.
  • Mengatur pelaluan zat masuk dan keluar, misalnya menelan, buang air besar, dan kencing yang berlangsung melalui saluran pencernaan dan saluran kencing dipengaruhi oleh otot rangka yang menyelaputinya.
  • Mempertahankan temperatur tubuh, kontraksi otot rangka memerlukan energi dan menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu normal bagi tubuh.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel