Kelainan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia Yang Di Tularkan Melalui Hubungan Intim

Kelainan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia Yang Di Tularkan Melalui Hubungan Intim - Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dapat berupa kelainan bawaan atau dapat juga disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, jamur, maupun virus. Penyakit reproduksi yang disebabkan oleh infeksi biasanya ditularkan melalui hubungan intim sehingga disebut penyakit menular pada reproduksi.

Kelainan Pada sistem reproduksi yang tidak ditularkan melalui hubungan Intim

Kriptosidisme adalah kelainan bawaan yang terjadi jika salah satu atau kedua testis ginjal gagal atau tidak mengalami desendensi saat bayi dilahirkan. Hal ini menyebabkan testis berada dalam rongga abdominal.

Pria yang mengalami kejadian ini testisnya tidak akan mampu menghasilkan spermatozoa karena untuk dapat melakukan spermatogenesis diperlukan suhu yang lebih rendah dari pada suhu tubuh.
Kanker Testis merupakan penyakit yang banyak terjadi pada pria berusia 15-35 tahun. Kanker testis disebabkan oleh adanya abnormalitas pada spermatosit atau spermatogonia. Penanganan penyakit ini melalui orchiectomy dan kemoterapi.

Kelainan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia Yang Di Tularkan Melalui Hubungan Seksual

Kanker prostat merupakan penyakit yang berupa pembengkakan atau pembesaran ukuran prostat yang disebabkan oleh pertumbuhan sel pada kelenjar prostat akibat adanya penurunan sekresi testosteron. Kanker prostat biasanya diderita oleh pria berusia 50-54 tahun.

Kanker Ovarium merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel epitel ovarium atau karena pertumbuhan oosit yang abnormal. Untuk menangani penyakit ini dilakukan melalui pembedahan, kemoterapi dan radioterapi.

Kanker serviks, merupakan penyakit kanker yang terjadi pada bagian serviks atau leher rahim. Kanker serviks umumnya terjadi pada wanita usia 15-34 tahun.

Endometriosis yaitu pertumbuhan yang abnormal dari lapisan endometrium uterus. Diagnosa dengan laparoscop penting untuk mengetahui secara pasti kejadian ini. Penanganan endometriosis antara lain pembedahan dan pengangkatan masa endometrium, histerectomi (pengambilan uterus) dan dapat juga dilakukan ophorectomi (pengambilan ovarium).

Impotensi, merupakan kelainan yang berupa ketidakmampuan untuk membangkitkan atau mempertahankan ereksi. Impotensi dapat disebabkan oleh tekanan darah yang rendah pada arteri yang menuju penis. Obat - obatan tertentu, seperti alkohol dan faktor psikologi juga dapat menyebabkan terjadinya impotensi.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel