Ovarium dan Pertumbuhan Folikel - Sistem Reproduksi Wanita

Ovarium dan Pertumbuhan Folikel  - Sistem Reproduksi Wanita - Sistem Reproduksi Wanita, sistem reproduksi wanita terdiri atas saluran reproduksi dan kelenjar reproduksi. Saluran reproduksi meliputi oviduct (tuba fallopi), uterus, servics dan vagina. Kelenjar reproduksi pada wanita terdiri atas sepasang ovrium.

Ovarium dan saluran reproduksi digolongkan pada organ reproduksi dalam (organ genialia - interna), sedangkan organ reproduksi luar berupa vulva yang terdiri atas bagian pubis, klitoris. labiya mayora, labia minora, vestibulum dan lubang vagina. Seperti yang tampak pada gambar.
Ovarium
Ovarium merupakan kelenjar kelamin yang juga berfungsi sebagai kelanjar endokrin. Hormon yang dihasilkan berpengaruh pada ciri seks sekunder dan perilaku reproduksi.

Pada ovarium tersimpan sel telur di dalam badan berbentuk bulat yang disebut folikel telur. Sebuah folikel dibangun oleh sel telur dan sel pembantu yang mengelilinginya.

Ovarium bayi yang dilahirkan mengandung folikel primer sebanyak 200.000 - 400.000 buah. Memasuki usia pubertas, folikel yang terdapat di dalam ovarium hanya mencapai 400 buah, sisanya mengalami atresia.
Ovarium & Pertumbuhan Folikel  - Sistem Reproduksi W

Pertumbuhan folikel yang dimulai dari folikel primordial, folikel primer, folikel sekunder hingga mencapai folikel tersier (folikel de Graaf), dipengaruhi oleh hormon FSH yang dihasilkan oleh hipofisis anterior.

Selama pertumbuhanya, sel folikel menghasilkan hormon etrogen yang berfungsi dalam perkembangan ciri seks sekunder dan merangsang penebalan dinding rahim.

Selain itu, estrogen akan menginduksi hipofisis anterior untuk menyekresikan LH yang berfungsi untuk ovulasi. Folikel yang telah mengalami ovulasi dinamakan corpus luteum. Corpus luteum ini merupakan suatu badan berwarna kuning, berbentuk agak bulat dan berfungsi sebagai penghasil hormon progesteron yang berperan dalam penebalan dan vaskularisasi dinding rahim (endometrium).
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel