Pembagian Sistem Saraf (Sistem Saraf Pusat) Susunan Meninges

Pembagian Sistem Saraf (Sistem Saraf Pusat) Susunan Meninges - Pembagian Sistem Saraf, sistem saraf pada manusia dikelompokan menjadi dua, yaitu sistem saraf pusat (central nervous system atau CNS) dan saraf tepi (Peripheral Nervous System atau PNS). Seperti yang tampak pada gambar berikut ini.

Pembagian Sistem Saraf (Sistem Saraf Pusat) Susunan Meninges

Sistem Saraf Pusat
Sistem saraf pusat meliputi otak dan sumsum tulang belakang (medula spinalis). Kedua organ ini dilindungi oleh tulang pada bagian luarnya. Otak dilindungi oleh tulang tengkorak, sedangkan sumsum tulang belakang dilindungi oleh ruas tulang belakang (verterbrae).

Pembagian Sistem Saraf (Sistem Saraf Pusat) Susunan Meninges

Kedua organ tersebut dibungkus oleh selaput meninges. Meninges terdiri atas tiga lapisan, Adapun susunan daru luar ke dalam sebagai berikut :
  • Durameter, tersusun atas jaringan ikat yang kuat dari serabut kolagen dan berwarna putih.
  • Arachnoid, merupakan selaput lunak dan seperti sarang laba- laba.
  • Piamater, merupakan lapisan transparan yang paling dekat dengan permukaan luar otak dan medula spinalis. Lapisan ini berisi pembuluh darah.
Selain dilindungi oleh tulang dan meninges, otak dan sumsum tulang belakang juga dilindungi oleh cairan serebro-spinalis yang terdapat di dalam dan disekelilingnya.

Cairan ini merupakan cairan yang serupa dengan limfa, hasil filtrasi darah pembuluh kapiler. Volume cairan serebrospinalis pada manusia sekitar 135 ml. Cairan ini harus terus menerus bersikulasi dan reabsorpsi.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel