Otak, Otak Depan Fungsi Lobus dan Fungsi Hipotalamus

Otak, Otak Depan Fungsi Lobus dan Fungsi Hipotalamus - Otak manusia dewasa tersusun atas 98% jaringan saraf dari seluruh jaringan di dalam tubuh. Otak memiliki berat 1,4 kg dengan volume sekitar 1200 cc. 

Otak pada laki - laki 105 lebih besar daripada perempuan. Otak dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu otak depan (forebrain), otak tengah (midbrain), dan otak belakang (hindbrain). Berikut ini bagian otak manusia.

Otak, Otak Depan Fungsi Lobus dan Fungsi Hipotalamus
Otak Depan
Otak depan dibagi menjadi dua bagian, yaitu telencephalon dan diencephalon. Telencephalon terletak diujung depan dan merupakan otak besar (cerebrum). Cerebrum dipisahkan oleh suatu belahan yang disebut fisura longitudinal.

Belahan ini memisahkan otak menjadi dua bagian, masing- masing disebut "Hemispherium cerebri" atau (hemisfer). Tiap hemisfer memiliki empat lobus, yaitu lobus frontalis, lobus parietalis, lobus oksipiltalis dan lobus temporalis. Seperti yang tampak pada gambar. Fungsi dari masing- masing lobus tersebut adalah sebagai berikut :
  • Lobus frontalis berfungsi sebagai pusat pengendalian gerak sadar otot rangka.
  • Lobus Parietalis berfungsi sebagai pusat tanggapan (persepsi) terhadap rangsang yang berupa sentuhan, tekanan,getaran, rasa sakit, suhu dan rasa.
  • Lobus Oksipitalis berfungsi sebagai pusat tanggapan terhadap stimulus visual.
  • Lobus temporalis berfungsi sebagai pusat tanggapan terhadap rangsang pendengaran (auditori) dan pembau (olfaktori). 
Cerebrum memiliki dua lapisan, yaitu lapisan kulit (korteks) dan sumsum atau medula. Bagian korteks berwarna kelabu sehingga disebut sebagai substansi kelabu (substansi grisea).

Bagian korteks ini berlekuk dalam dan banyak, hal ini memperluas permukaan korteks sehingga dapat  ditempati neuron yang lebih banyak. 

Fungsi korteks secara umum adalah melakukan proses berpikir, berkehendak, mengingat, emosi, sensasi, pengendalian gerak sadar, dan sebagai pusat kesadaran. 

Diencephelon terdiri atas talamus dan hipotalamus. Talamus merupakan suatu struktur berbentuk oval di atas otak tengah dengan panjang sekitar 3 cm dan menyusun empat per lima bagian dari keseluruhan diencephelon. Sebagian besar talamus terdiri atas substansia grisea.

Talamus adalah stasiun penguat utama untuk impuls sensori, dari medula spinalis, medula oblongata, cereblum dan bagian otak lainya. 

Otak, Otak Depan Fungsi Lobus dan Fungsi Hipotalamus

Talamus juga berfungsi sebagai pusat interpretasi (penafsiran) beberapa impuls sensori, misalnya sakit, suhu, sentuhan, cahaya dan tekanan.

Hipotalamus merupakan bagian kecil dari diencephelon. Struktur otak pada manusia dapat dilihat pada gambar. Informasi dari bagian luar masuk ke hipotalamus melalui saraf sensorik yang berasal dari organ saraf tepi (sensori periferal). Secara umum, fungsi hipotalamus adalah sebagai berikut:
  • Mengendalikan dan mengitegrasikan sistem saraf autonom, merangsang otot polos, mengatur kontraksi otot jantung, dan mengendalikan sekresi beberapa kelenjar.
  • Terlibat dalam penerimaan dan integrasi impuls saraf sensori organ viseral.
  • Perantara utama antara sistem saraf dan sistem endoktrin.
  • Sebagai pusat ingatan seluruh aktivitas yang terjadi pada tubuh.
  • Berkaitan dengan rasa marah dan agresif.
  • Mengendalikan dan mempertahankan temperatur tubuh.
  • Merupakan pusat lapar dan pusat kenyang, serta pusat haus.
  • Pusat yang mengendalikan pola tidur. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel