Otak Tengah Dan Otak Belakang (Sistem Saraf Pusat)

Otak Tengah Dan Otak Belakang (Sistem Saraf Pusat) - Otak Tengah (Midbrain) otak tengah (midbrain) disebut juga mesencephalon. Bagian ini terletak di bawah permukaan inferior cerebrum dan diatas Pons Varoli.

Sebagian besar otak terdiri atas substansia alba (bagian luar) dan sebagian kecil substansia grisea (bagian dalam). Otak tengah merupakan penghubung otak depan dengan otak belakang melalui suatu saluran (traktus).

Pada bagian otak tengah ini juga terdapat pusat visual dan refleks auditori tertentu. Pusat visual yang terdapat pada bagian ini misalnya pusat pengendali ukuran pupil. Struktur otak tengah seperti yang tampak pada gambar.

Otak Tengah Dan Otak Belakang (Sistem Saraf Pusat)

Otak Belakang (Hindbrain)
Otak belakang (hindbrain) dikenal juga ("rhombencephelon") yang terdiri atas "metencephalon" dan "miecephalon". Metencephalon terdiri atas pons varoli (jembatan varol) dan cereblum (otak kecil). Miecenphalon terdiri atas medula oblongata (sumsum lanjutan).

Pons varoli terletak diatas medula oblongata dan terdiri atas substansia alba. Pons varoli merupakan "jembatan" penghubung antara korteks dengan cereblum.

Cereblum terletak di bawah bagian posterior cerblum. Sama halnya dengan cereblum, permukaan cereblum terdiri atas substansia grisea, sedangkan permukaan dalamnya terdiri atas substansia alba.

Permukaan luar cereblum juga berlekuk tetapi lekukanya tidak sedalam lekukan cerbrum. Fungsi utama cereblum ini adalah mengkoordinasikan keseimbangan tubuh secara tepat dan otomatis, serta berperan dalam pengontrolan pola gerakan yang tepat.

Medula oblongata merupakan bagian yang bersambungan langsung dengan medula spinalis. Bagian ini memiliki panjang sekitar 1,5 cm dan terletak tepat di bawah "foramen magnum" (lubang di dasar tengkorak, tempat lewat medula oblongata yang akan bersambungan dengan sumsum tulang belakang).

Medula oblongata sebagian besar tersusun atas substansia alba dan sebagian kecil substansia grisea di bagian di dalamnya. Medula oblongata merupakan pusat pengendalian denyut jantung, pernapasan dan beberapa aktivitas lain seperti bersin, muntah, batuk dan menelan. Struktur otak belakang seperti yang tampak pada gambar.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel